Gado-gado

9 Sifat Penyebab Orang Gila Dalam Islam

Posted by Bams

Menurut pandangan dalam Agama Islam sendiri, penyebab orang gila dalam Islam sering dikaitkan dengan sifat-sifat buruk yang ada di dalam diri manusia. Sifat-sifat buruk ini menjadi indikasi dari gangguan kejiwaan. Setidaknya ada 9 sifat yang menjadi penyebab orang gila dalam Islam menurut Hasan Muhammad as-Syarqawi.

Sifat tercela penyebab orang gila dalam Islam

Kesembilan sifat yang disebutkan oleh Hasan Muhammad as-Syarqawi di dalam kitab Nahw ‘Ilmiah Nafsi meliputi pamer, marah, lalai dan lupa, was-was, frustrasi, rakus, terperdaya, sombong, dengki dan iri hati. Kesembilan sifat ini membuat manusia hanya terfokus pada kepuasan diri. Karena itulah sifat-sifat buruk tersebut dianggap sebagai penyebab orang gila dalam Islam.
• Pamer
Sifat pamer atau riya’ biasanya dimiliki oleh orang-orang yang haus akan pujian. Untuk tujuan itu, seseorang dapat menipu dirinya dan orang lain melalui ungkapan yang tidak sesuai dengan kenyataan.
• Marah
Saat sedang marah, seseorang sering kehilangan kendali atas dirinya. Bahkan seringkali terjadi pelampiasan yang merugikan diri sendiri dan orang lain seperti berkata kasar hingga menimbulkan kerusakan.
• Lalai
Seseorang yang sering lalai atau lupa biasanya disebabkan banyaknya hal yang diurusi oleh manusia tersebut. Penyebab dari sifat ini adalah karena manusia yang tidak mengetahui batasan dirinya. Memforsir diri juga membuat manusia lalai akan apa yang menjadi kewajiban dasarnya.
• Was-was
Sifat was-was berasal dari bisikan hati karena adanya keinginan yang kuat terhadap hal-hal duniawi, hingga membuat seseorang meragukan agama bahkan melakukan tindakan-tindakan keji.
• Frustasi
Sifat frustasi muncul karena seseorang tidak kuat menghadapi berbagai cobaan yang ada di hadapannya. Sifat ini juga membuat manusia kehilangan semangat dalam hidup.
• Rakus
Rakus disebabkan adanya keinginan berlebihan dari manusia yang kemudian sudah tidak bisa dikendalikan lagi.
• Terperdaya
Manusia dapat terperdaya karena memiliki persepsi yang salah tentang kehidupan dan melupakan agama dan Tuhan-nya.
• Sombong
Sombong disebabkan oleh pikiran manusia yang menganggap dirinya lebih baik dari orang lain. Selain itu ada pula rasa bangga diri, di mana manusia terlalu mengagumi dirinya sendiri.
• Dengki dan iri hati
Sifat ini dinilai sebagai penyebab orang gila dalam Islam yang cukup kompleks karena manusia cenderung menutupi rasa iri. Rasa iri timbul karena melihat keberhasilan orang lain. Rasa iri dapat menimbulkan keinginan untuk bersaing secara positif, tetapi juga dapat menimbulkan keinginan untuk menjatuhkan orang lain.

Reference: WikiPedia.

Related Post

Leave A Comment

two × 4 =