Gado-gado

Apakah itu buah sejati dan buah semu?

Posted by Bams

Apakah itu buah sejati dan buah semu – Istilah ini memang asing terdengar di telinga oleh mereka yang masih awam. Sehingga ketika mendapati pertanyaan tersebut akan kebingungan dalam memberikan jawaban. Tetapi, lain halnya dengan mereka yang menggeluti ilmu biologi, tentu sekilas saja mereka akan paham.
Namun, jangan khawatir sebab dalam artikel ini penulis akan membantu menguraikannya, hal itu untuk memberi pengetahuan bagi anda yang mungkin baru atau belum pernah mendengarnya.
Ya seperti yang telah diketahui oleh para pakarnya bahwa buah sejati adalah semacam buah yang pada awalnya terbentuk dari bakal buah saja, buah yang satu ini tidak diselubungi oleh lain maka mendapatkan julukan buah telanjang, yakni fructus nudus.
Contoh buah sejati adalah: mangga, rambutan, tomat pepaya, durian, kacang tanah dan juga padi. Sementara buah semu adalah semacam buah yang pada awalnya terbentuk dari bakal buah dan juga bagian lain yang ada pada bunganya sehingga menjadi bagian utama dari buah tersebut. Contoh buah semu adalah: nanas, nangka,  jambu monyet, dan juga apel.
Lalu apakah perbedaan dari kedua buah tersebut? Tentu ada perbedaannya, sehingga timbul ciri khas tersendiri dan bisa dibedakan.

Apakah perbedaan buah sejati dengan buah semu?

Di bawah ini ada beberapa yang membedakan antara keduanya, sehingga anda tidak perlu bingung-bingung lagi.

Buah sejati

Buah sejati adalah buah yang melulu terlahir dari bakal buah, ketika ada bagian dari bunga lain yang masih tersisa, maka tidak menjadi buah yang bermakna. Nah buah sejati ini telah dibedakan ke dalam tiga golongan yakni:

  • Buah sejati tunggal, meliputi buah sejati tunggal kering dan buah sejati tunggal berdaging.
  • Buah sejati ganda.
  • Buah sejati majemuk.

Buah semu

Buah semu merupakan semacam buah yang terbentuk dari  bakal buah dengan disertai dengan bagian yang lain yang terdapat dalam bunga tersebut.buah semu ini juga dapat dibedakan menjadi tiga bagian, di antaranya adalah:

  • Buah semu tunggal.
  • Buah semu ganda.
  • Buah semu majemuk.

Itulah tadi pembahasan tentang penjelasan buah sejati dan buah semu. Semoga dapat bermanfaat.

Related Post

Leave A Comment

20 − 9 =