Gado-gado

Apakah Yang Dihasilkan Dari Proses Oogenesis Dan Spermatogenesis?

Posted by Bams

Mungkin bagi yang masih belum paham akan bertanya-tanya mengenai apa yang dihasilkan dari proses oogenesis dan spermatogenesis? Nah dalam artikel ini penulis akan menjelaskan hal tersebut untuk pengetahuan bagi kita semua yang mungkin memerlukan materi tentang proses oogenesis spermatogenesis.
Dalam hal ini adalah gamit jantan yakni spermatozoe yang telah dihasilkan melalui testis dan gamit betina ini yakni ofum telah dihasilkan melalui ovarium. Ada dua jenis proses pembelahan sel di antaranya adalah: metosis, yakni pembelahan sel dari sebuah induk yang terjadi dari dua anakan tetapi tidak ada terjadi reduksi kromosom sebagai contoh, jika ada bagian sel tubuh kita yang rusak maka akan terjadi sebuah proses yakni penggantian dengan sel baru yang melalui proses pembelahan metosis.
Pembelahan meiosis merupakan suatu pembelahan dari induk menjadi dua anakan dengan adanya reduksi kromosom, sebagai contoh, pembelahan sel kelamin atau gamit yakni sebagai agen utama dalam proses reproduksiĀ  manusia. Namun pada pembelahan metosis akan menghasilkan sel baru yang jumlah kromosomnya sama persis dengan sel indung yang bersifat diploit yakni sebanyak 23 pasang sampai dengan 46 kromosom. Sedangkan pada meiosis jumlah kromosom yang ada dalam sel baru hanya memiliki sifat haploid yakni sebanyak 23 kromosom.
Sementara Gametogenesis terdiri dari 4 tahap di antaranya adalah: perbanyakan, pertumbuhan, pematangan, dan proses perubahan bentuk. Sedangkan dalam Gametogenesis ada dua tahapan yakni: spermatogenesis dan oogenesis.

Lalu apakah yang dihasilkan dari proses spermagenesis dan oogenesis?

Seperti yang telah dijelaskan oleh sebuah sumber bahwa spermagenesis merupakan sebuah proses pembentukan sel spermatozoae (yang bersifat tunggal: spermatozoon) peristiwa itu akan terjadi pada organ bagian kelamin jantan yakni yang berupa testis tepatnya terdapat pada bagian tubulus seminiferus. Spermatozoae ini telah disingkat dengan sperma yang memiliki sifat haploid (n) yang telah dibentuk dalam testis yang telah melewati suatu proses yang kompleks.
Spermatogenesis ini meliputi pematangan sel epitel, germinal melalui proses pembelahan dan defresiansi sel tersebut. Pematangan sel akan terjadi pada tubulus seminiferus kemudian akan disimpan dalam epidinamis. tubulus seminiferus terdiri atas sejumlah dari sebagian besar sel yang telah dinamakan dengan spermatogonia (jamak) spermatogonia ini terletak pada lapisan luar sel-sel epital tubulus seminiferus.
Spermatogonia ini kemudian akan berdefrensiasi dengan tahap-tahap perkembangan tertentu yakni untuk membentuk sperma.
Demikianlah pembahasan tentang apa yang dihasilkan dari proses spermagenesis dan oogenesis. Semoga dapat bermanfat.

Related Post

Leave A Comment

fifteen − six =