Gado-gado

Apakah Yang Dimaksud Dengan Menstruasi Dan Ovulasi Bagaimana Hubungan Antara Kedua Proses Tersebut?

Posted by Bams

Apakah yang dimaksud menstruasi dan ovulasi bagaimana hubungan antara kedua proses tersebut – Pada dasarnya seorang wanita yang sudah remaja atau cukup umur akan mengalami yang namanya menstruasi atau biasa disebut dengan haid. Seperti yang telah kita ketahui bahwa menstruasi atau haid atau datang bulan merupakan suatu perubahan reaksi fisiologis tubuh yang kejadiannya secara berkala dan telah dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Tentu periode menstruasi ini sangat penting hubungannya dengan reproduksi, sehingga jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi akan susah payah untuk diperiksakan ke dokter.
Siklus menstruasi yang terjadi pada seorang wanita tentu tidaklah sama antara wanita yang satu dengan wanita yang lain, ada yang mengalami siklus 21 hari,28 hari dan ada pula yang mengalami siklus menstruasi selama 35 hari. Begitu juga untuk lama menstruasi, ada yang tiga hari sudah selesai, lima hari dan ada pula yang sampai dengan delapan hari. Semua tergantung pada hormon setiap wanita.

Lalu apakah yang dimaksud dengan ovulasi?

Seperti yang telah diketahui bahwa ovulasi adalah sebuah proses dimana telur akan melepas ketika sudah matang dari dalam rahim seorang wanita yang kemudian akan berjalan menuju tuba falopi yang sudah siap untuk dibuahi. Pada umumnya hal ini terjadi pada wanita ketika setelah mengalami menstruasi 14 hari terhitung dari pertama kali mengalami menstruasi, tetapi ada pula yang prosesnya 16 hari setelah menstruasi, terhitung dari pertama kali menstruasi. Dengan adanya proses tersebut seorang wanita dikatakan sedang mengalami masa subur dan biasanya masa subur ini hanya akan terjadi selama kurang lebih 48 jam atau dua hari.

Lalu bagaimanakah hubungan menstruasi dengan ovulasi?

Tentu menstruasi ini sangat berhubungan dengan ovulasi, karena jika tidak mengalami menstruasi maka tidak akan ada yang namanya ovulasi. Artinya, tidak ada sel telur yang dilepaskan karena tidak terdapat sel telur didalamnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelepasan sel telur yang sudah matang akan terjadi setelah menstruasi.
Demikianlah pembahasan tentang apakah yang dimaksud menstruasi dan ovulasi bagaimana hubungan antara kedua proses tersebut. Semoga dapat bermanfaat.

Related Post

Leave A Comment

16 + 17 =