Tekno

ASUS VivoBook Ultra A412DA, Laptop Tertipis Cocok untuk yang Aktif dan Kreatif

Posted by Bams
Hi all.
Sebagai seorang penulis, blogger dan juga mulai merambah Youtuber, saya harus akui agak ketinggalan zaman untuk urusan “senjata”, sebab saya masih pake laptop lawas yang menggunakan Intel Core 2 Duo. Jangankan kepikiran main game, mau edit foto aja sudah ngebul. Hehehe… 
Sudah jadi impian nih kalau bisa beli laptop, setidaknya yang mereknya Asus. Ngiler liat blogger-blogger lain pada pamer laptop baru yang sebagian besar ternyata merknya ASUS.
Salah satu yang cukup menarik adalah laptop keluaran terbaru dari Asus dengan nama model VivoBook Ultra A412DA. 
Maka saya habiskan beberapa gigabyte untuk mencari info tentang laptop baru ini, termasuk menonton beberapa reviewnya.
Asus VivoBook Ultra A412DA ini ternyata baru diluncurkan pada bulan Juni 2019 yang lalu. 
Laptop ASUS tipe VivoBook ini merupakan laptop yang paling ringkas di kelasnya. Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series. Ada dua pilihan prosesor yakni Ryzen 3 atau Ryzen 5 yang dapat Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 
Selain dilengkapi dengan prosesor terbaru, laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA ini juga memiliki beragam keunggulan lainnya. Berikut ini akan dibahas mengenai spesifikasi, keunggulan, dan harga dari laptop terbaru keluaran ASUS ini. 

Spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA 

Layar dan bobot laptop 

ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki dimensi layar sebesar 14 inch dengan rasio layar 16:9. Layarnya pun sudah dilengkapi dengan LED backlit FHD (1920 x 1080) 60 Hz Anti-Glare Panel. Laptop keluaran ASUS ini diklaim sebagai laptop tertipis di kelasnya berkat bobotnya yang hanya mencapai 1,5 kg. 
Ukuran laptop ini adalah 322 x 212 x 19.9 mm yang tak hanya membuatnya menjadi yang tertipis, tapi juga menjadi laptop yang paling ringkas di kelasnya. 

Prosesor dan sistem operasi yang digunakan 

Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah dilengkapi dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series. Kamu dapat memilih prosesor AMD Ryzen 5 3500U atau prosesor AMD Ryzen 3 3200U yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Kamu. 
Selain AMD Ryzen 3000 series, ASUS VivoBook Ultra 412DA juga didukung dengan Core 8 Thread Clockspeed 3.7 GHz. Radeon Vega 8 Graphics dipilih sebagai sistem grafis yang melengkapi laptop ASUS ini. ASUS VivoBook Ultra A412DA juga didukung dengan sistem operasi Windows 10 asli yang terpasang pre-installed. Dengan ini, pengguna laptop tidak perlu lagi membeli dan menginstal software Windows.

Kapasitas RAM serta memori internal 

ASUS VivoBook Ultra 412DA juga dibekali dengan RAM sebesar 4 GB DDR4 2400MHz. Bila Kamu merasa RAM tersebut masih kurang, terdapat 1 slot yang bisa Kamu gunakan untuk menambah kapasitas RAM hingga 16 GB DDR4.
Ada dua varian memori penyimpanan yang bisa Kamu pilih, hard drive dan solid state drive. 
Pilihan hard drive memiliki kapasitas sebesar 500 GB / 1 TB 5400 rpm SATA HDD. Sedangkan untuk pilihan solid state drive berkapasitas 128 GB / 256 GB SATA 3.0 M.2 SSD. Dengan memori penyimpanan sebesar ini, tentunya Kamu memiliki tempat yang sangat luas untuk menyimpan beragam dokumen penting, tugas-tugas, film, lagu, foto, serta masih banyak lagi.

Konektivitas laptop 

Dilihat dari sektor konektivitasnya, ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah menggunakan integrated Wi-Fi 5 (dual band 802.11 ac (2 x 2)) dan juga Bluetooth 4.2. ASUS VivoBook memilki baterai 2-Cell 37 Wh yang cukup awet. 
Dengan baterai berkapasitas besar ini, Kamu tidak perlu takut dan khawatir laptop akan cepat kehabisan baterai. 

Berbagai fitur canggih dan keunggulan yang membekali ASUS VivoBook Ultra A412DA

Fitur chiclet keyboard dan illuminated chiclet keyboard

ASUS VivoBook Ultra A412DA mengusung konsep Chiclet Keyboard dan LED Illuminated Chiclet Keyboard. Pada varian warna Transparent Silver, ASUS mengeluarkan inovasi terbarunya yakni Illuminated Chiclet Keyboard berupa Number Pad pada touch pad. Cukup dengan menekan ikon touch pad, Kamu bisa langsung menggunakan Number Pad yang ada. 

Fitur fingerprint dan Windows Hello 


Selain mengusung konsep chiclet keyboard, laptop terbaru dari ASUS ini pun sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti, fingerprint sensor dan Windows Hello.
Fitur fingerprint sensor dapat membantu Kamu untuk login dengan cepat ke sistem tanpa repot mengetiikan password atau pin.
Kamu pun tidak perlu lagi mengetikkan password ketika akan masuk ke sistem karena sudah ada fitur Windows Hello yang akan mengingat segala informasi termasuk password Kamu. Selain membantu Kamu untuk login dengan lebih cepat, kedua fitur ini juga akan menambah keamanan data dalam laptop. 

Ketahanan maksimal dari tombol keyboard 

Tombol keyboard pada ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah diuji dengan 10.000 kali tekanan dan hasilnya masih tetap baik seperti awalnya. Desain keyboard yang ergonomis serta 1.3 mm key travel, dapat memberikan pengalaman mengetik yang nyaman dan menyenangkan.

 

Banyak jenis port yang tersedia dalam satu laptop

Jika Kamu sedang mencari laptop dengan banyak port, ASUS VivoBook Ultra A412DA bisa jadi solusinya. Laptop terbaru buatan ASUS ini sudah dilengkapi dengan port USB Type C 3.0, port USB Type A 3.1, port USB Type A 2.0, port HDMI, port combo audio jack, serta microSD card reader.

Fitur Fast Charging 

ASUS VivoBook Ultra A412DA juga sudah didukung dengan fitur fast charging hingga 60%. Baterai lithium polymer dengan kualitas terbaik yang dimilikinya juga diklaim memiliki masa penggunaan baterai tiga kali lebih lama dibandingkan masa penggunaan baterai pada umumnya. 
Fitur fast charging ini tak hanya dapat membantu mempercepat pengisian baterai, tapi juga mampu menjaga ketahan baterai lebih agar lebih awet dan tahan lama.

Teknologi ASUS Battery Healthy Charging yang disematkan pada laptop ini dapat mencegah pengisian baterai berlebih atau over charging yang bisa memperpendek masa penggunaan baterai dan mencegah kerusakan pada baterai laptop.

Teknologi Sonic Master yang digunakan pada sistem audio 

ASUS VivoBook Ultra A412DA menggunakan teknologi Sonic Master pada sistem audionya. Teknologi canggih Sonic Master ini mampu menyuguhkan kualitas suara yang terbaik di kelasnya. Filter Noise dan Improve Audio Clarity ini juga dapat menyempurnakan kualitas suara yang dihasilkan saat Kamu memutar lagu maupun menonton film

Variasi warna yang menarik

Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA ini memiliki empat varian warna menarik yang bisa Kamu pilih sesuai selera. Ada varian warna Transparent Silver bagi Kamu yang ingin tampil simple tapi tetap stylish, Slate Grey bagi pecinta hal klasik, Peacock Blue yang unik cocok bagi Kamu yang ingin tampil beda setiap saat, dan Coral Crush dengan tampilan warna yang cerah.

Secara lengkap, spesifikasi Asus Vivobook Ultra A412DA bisa dilihat di tabel ini.

 

Balik lagi ke curhat ini. 

Tadi kita udah bahas panjang lebar tentang spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA yang jujur bikin saya main ngiler. Sepertinya inilah jawaban akan jiwaku yang hilang, hahaha… 
Serius, pengen banget punya ini dan bisa ngeblog dan nulis lebih banyak. Andaikan bisa beli baru, bakal langsung jadi tulisan review, tips dan videonya bakal langsung saya bikin. Mudah-mudah bisa nabung bulan ini dan mampir ke toko resmi Asus. 
Jadi gaes, laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA ini sepertinya bisa jadi jawaban yang tepat bagi kamu-kamu yang juga punya mobilitas tinggi dalam keseharian. Untuk blogger juga pas banget, karenanya dengannya kamu bisa menulis dimana saja dan kapan saja secara fleksibel berkat bobotnya yang tipis serta desainnya yang ringkas. 
ASUS VivoBook Ultra A412DA juga memiliki baterai yang awet dan tahan lama sehingga Kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat melakukan pekerjaan maupun mengerjakan tugas tulis menulis. 
Melongok jeroannya, saya tak ragu kalau laptop ini juga handal untuk edit video. Tapi, harus coba dulu sih biar tahu performa aslinya. Bissmillah, mudah-mudah kebeli, amiin.
Tapi kalu kamu sudah punya tabungan dan siap meminang Asus VivoBook Ultra A412DA ini, langsung intip spek resminya di situs ASUS.

Related Post

2 thoughts on “ASUS VivoBook Ultra A412DA, Laptop Tertipis Cocok untuk yang Aktif dan Kreatif

  1. Amir Mahmud

    Suka banget pokonya dengan ASUS VivoBook Ultra A412DA ini karena sudah pakai SSD. Buat ngejalanin software jadi lebih cepet. Udan pakai ryzen series pula, makin mantap pokonya

  2. Siti Faridah

    Akan semakin kreatif ya kalau setiap hari bisa berkreasi dengan laptop terbaru dari ASUS ini. Btw, salam kenal ya, Kak.

Leave A Comment

17 + nine =