Gado-gado

Berapa Lama Gondongan Sembuh Dan Bagaimana Mengatasinya?

Posted by Bams

Berapa Lama Gondongan Sembuh – Gondongan merupakan penyakit yang ditularkan oleh virus Paramyxo. Virus ini menyerang kelenjar parotis yang berfungsi untuk menghasilkan air liur yang letaknya ada di antara telinga dan rahang. Saat menderita penyakit gondongan, maka bagian tersebut akan tampak bengkak.
Penyakit gondongan biasanya menyerang anak-anak dengan umur antara 2-12 tahun. Tetapi pada beberapa kasus, gondongan juga terjadi pada orang dewasa dan dapat menyerang bagian lain seperti testis, sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara, dan organ lainnya. Gondongan dapat ditularkan dari orang lain, tetapi penyebab utamanya adalah kurangnya zat Iodium di dalam tubuh.
Selain mengganggu penampilan, penyakit gondongan juga membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan kesakitan. Karena itu banyak yang mempertanyakan dalam waktu berapa lama gondongan sembuh.

Berapa lama gondongan sembuh setelah terinfeksi?

Sebenarnya, saat terinfeksi, gejala penyakit gondongan tidak akan langsung terlihat. Hal ini karena virus gondongan akan melalui masa inkubasi terlebih dahulu selama empat belas hingga dua puluh lima hari, dengan rata-rata 17-18 hari. Setelah masa inkubasi selesai inilah gejala baru akan tampak.
Gejala yang timbul antara lain seperti nyeri sendi, demam, sakit kepala, sakit perut, dst. Setelah terjadi pembengkakan, maka penderita biasanya akan mengalami kesulitan untuk menelan dan merasakan nyeri pada bagian yang bengkak.
Lalu berapa lama gondongan sembuh? Biasanya penyakit ini akan sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. Selama itu, penderita dapat mengkonsumsi pereda rasa sakit jika memang diperlukan sesuai dengan anjuran dokter.
berapa-lama-gondongan-sembuhAda beberapa hal yang dapat mempengaruhi berapa lama gondongan sembuh, terutama untuk meringankan gejala. Hal yang penting adalah memperbanyak minum air putih dan istirahat. Selain itu, penderita juga dapat mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat.
Sementara itu, minuman seperti jus buah juga dapat mempengaruhi berapa lama gondongan sembuh. Ini karena jus buah dapat mengakibatkan iritasi pada kelenjar parotis sehingga akan menghambat kesembuhan. Penderita juga dianjurkan untuk memakan makanan dengan tekstur lunak untuk menghindari rasa nyeri saat mengunyah.

Reference: Wikipedia

Related Post

Leave A Comment

fifteen + 5 =