Gado-gado

Biaya Stem Cell di RSUD Dr Soetomo Paling Murah Sedunia

Posted by Bams

Dalam dunia kedokteran di Indonesia, sudah mulai banyak masyarakat yang mengerti penyembuhan penyakit dengan terapi stem cell. Terapi ini memanfaatkan sel punca atau sel induk yang dapat memperbaiki, mengganti, dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Pengobatan ini telah dipakai untuk mengobati pasien gagal ginjal, leukemia, anemia, dan juga untuk mereka yang ingin tampil awet muda.
Beberapa tahun yang lalu, terapi stem cell yang sebelumnya hanya ada di luar negeri ini dibawa ke Indonesia oleh Dr. Purwati, dr, SpPD, FINASIM. Ia tidak hanya berperan sebagai peneliti dan praktisi, tetapi juga sekaligus tokoh yang mengusahakan SOP terapi stem cell di Indonesia. Karena itu RSUD Dr. Soetomo layak bangga dengan kehadiran Dr. Purwati. Selain itu, biaya stem cell di RSUD Dr Soetomo juga dikatakan yang paling murah di dunia.
Biaya penyuntikan stem cell di negara lain seperti Jerman dan Cina dapat mencapai ratusan juta rupiah. Sementara biaya stem cell di RSUD Dr Soetomo per satu kali pemberian suntik antara Rp 35-50 juta. Sayangnya, saat ini banyak pula praktisi stem cell yang kemudian memberlakukan harga yang mahal karena belum ada standar biaya yang jelas.

Perbandingan kualitas dan biaya stem cell di RSUD Dr Soetomo

Tentu saja tidak sedikit orang yang mempertanyakan kualitas karena biaya stem cell di RSUD Dr Soetomo yang cenderung sangat murah. Tetapi, masyarakat tidak perlu kuatir mengenai kualitas terapi yang diberikan. Salah satunya dibuktikan dengan Dahlan Iskan yang telah beberapa kali melakukan terapi stem cell di RSUD Dr Soetomo.
Menurut Dahlan Iskan, meskipun biaya stem cell di RSUD Dr Soetomo jauh lebih murah dibanding dengan biaya dokter kenalannya di Jerman, tetapi kualitasnya tetap bagus. Bahkan pada tahun 2015, RSUD Dr Soetomo hanya membebani biaya ganti proses kepada pasien. Tidak hanya di RSUD Dr Soetomo, sebelumnya RS Cipto Mangunkusumo pun menerapkan harga yang sangat murah karena terapi stem cell saat itu masih dalam tahap penelitian.

Related Post

Leave A Comment

one + 19 =