Bisnis

Cara Dapat Duit dari Internet Selain Jadi Blogger – Part 1

cara cari duit online
Posted by Bams

Mendapatkan uang dari internet bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu contoh paling gampang adalah menulis di media online. Apa bisa? Sangat bisa dong.

Ada banyak sekali media berita ataupun media jenis lain yang membutuhkan tulisan segar dari penulis lepas seperti Anda. Nah, Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi penulisnya.

Contoh lain, saya yakin banyak orang merekomendasikan Anda untuk jadi blogger, dapat duit dari iklan dan sebagainya.

Tapi, itu hanya dua contoh saja. Sejatinya, ada buayak sekali lubang atau cara mendapatkan uang dari internet. Saya akan bahas beberapa di antaranya, dari yang pernah saya lakukan dan yang belum, tapi banyak orang sudah menghasilkan dari sana.

Menjual Foto

Tak banyak yang tahu bahwa foto yang sering kali hanya memberatkan memori komputer dan ponsel, bisa dijual dan ditukar dengan beras. Maksudnya, uang hasil penjualan foto dibelikan beras.

Berikut ini adalah beberapa situs, di mana teman-teman bisa menjual hasil jepretan teman-teman.

Shutterstock.com

cara cari duit dari foto

Saya yakin teman-teman sudah pernah dengar layanan foto stock ini. Tapi, kebanyakan mungkin malah meminjam foto dari mereka. Padahal, kamu juga bisa memajang foto dan dapat bagi hasil dari penjualannya.

Situs ini memberikan komisi  sebesar 20% sampai dengan 30% dari harga penjualan foto yang kalian unggah. Mayan kan untuk tambahan jajan.

Stockfresh.com

Mau hasil yang lebih gede? Nah, ini bisa jadi opsi kedua. Stockfresh.com memberikan member aktifnya komisi sebesar 50% bahkan sampai 60% untuk setiap foto yang diunduh oleh member premiumnya.

Jauh lebih besar kan dari Shutterstock? Tapi soal berapa banyak member potensial antara keduanya, saya jujur belum tahu.

Alamy.com

Alamy.com berkembang menjadi salah satu pemain yang diperhitungkan di sektor foto stock. Koleksi foto-fotonya bahkan sudah melebihi angka 150 juta foto yang dijual dalam berbagai kategori foto mulai dari pemandangan, travelling, wildlife, hingga budaya.

Selanjutnya, saya buatkan daftar situs yang juga bisa dijadikan tempat mencari uang dari foto.

  • Veer.com
  • Freedigitalphotos.net
  • Fotolia.com
  • Bigstock.com
  • 123rf.com

Jualan Online

Ini nih yang sekarang sedang digandrungi ibu-ibu rumah tangga hingga yang sudah bekerja, jualan online. Beberapa dari mereka dengan sengaja memanfaatkan Facebook, Instagram dan Twitter untuk menggaet pembeli. Kamu pun bisa meniru apa yang mereka lakukan, meskipun gak harus jadi ibu-ibu rumah tangga.

Yang perlu kamu lakukan adalah, menemukan produk yang tepat dan meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran digital. Saya coba ulas lebih dalam deh.

Untuk jualan online, kamu punya dua pilihan aliran. Weh, kok jadi serem? Gak, maksudnya, kamu bisa memilih untuk nyetok sendiri produknya atau jadi rekanan orang tanpa harus nyetok barang. Istilahnya reseller.

Jadi, bisnis jualan online saya bagi jadi dua.

Nyetok Sendiri

Untuk jualan, kamu tentu harus punya produk. Saya tidak akan jelaskan bagaimana mencari produk yang laris, karena Anda tentu punya kriteria sendiri dan di luar sana sudah ada banyak pembahasan soal ini.

Tipe bisnis nyetok sendiri artinya kamu perlu modal untuk membeli barang. Barang itu kemudian menjadi persediaan dan yang akan ditawarkan entah di Facebook, Instagram, Twitter atau toko online kalau punya.

Tapi, karena produk ada di kamu. Berarti kamulah yang harus repot mengemas, mengirim sampai mengurus jika ada keluhan dari pelanggan. Sisi positifnya, kamu bisa dengan mudah menentukan harga di pasar tanpa harus dibatasi oleh kebijakan suplier.

Reseller Dropship

Pilihan yang kedua ini khusus untuk kamu yang ingin mendapatkan uang dari internet tapi terbentur dengan persoalan klasik pebisnis pemula, yaitu modal.

Reseller dropship artinya, kamu akan menjadi tenaga pemasar dari suplier tertentu, lalu mendapatkan informasi stok barang, harga dan lain sebagainya. Ketika ada pesanan dari pembeli, Anda tinggal meneruskan pesanan dan suplier akan mengirimkan barang atas nama toko kamu.

Enak kan? Dan yap memang benar, kamu gak perlu nyetok barang, ngepak paket, kirim dan ngurusin keluhan pelanggan. Semua dilakukan oleh suplier.

Dapat untungnya dari mana?

Tentu dari selisih harga dong. Biasanya reseller dropship akan mendapatkan potongan entah 10%, 20% atau lebih, tergantung kebijakan suplier kamu.

Sudah paham kan ya?

Jual Diri

Kok kesannya nakal ya?

Jangan salah sangka dulu om. Jual diri yang saya maksudkan di sini adalah menjual kemampuan atau keahlian. Di ilmu marketing disebut dengan bisnis jasa.

Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang punya keahlian di bidang tertentu, misalnya yang cocok dijual di internet:

  • Desain grafis bisa buka jasa pembuatan logo.
  • Edit video, kamu bisa menawarkan jasa edit video secara online ke para YouTuber-Youtuber.
  • Programming, kamu bisa membuka jasa mengatasi bugs di web atau aplikasi. Saya juga pernah menjumpai jasa perbaikan web dari serangan virus, dan semacamnya. Atau menawarkan jasa perpindahan web, pengaturan server VPS dan Dedicated Server, seting database dan lain sebagainya.
  • Coding, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan aplikasi atau web.
  • Menggambar, kamu juga bisa menawarkan jasa lukis berbasis online
  • Ahli mengetik cepat, bisa juga. Kamu bisa menawarkan jasa input data. Beberapa pekerjaan semacam ini digaji dalam bentuk Dollar lho, beneran.
  • Dan lain sebagainya…

Menjadi Broker Properti

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya adalah menjual properti yang sama sekali bukan milikmu. Bisnis real estat adalah salah satu bisnis paling menguntungkan. Oleh karena itu, untuk agen real estat, ketika harus menghasilkan uang, langit adalah batasnya.

Semakin banyak properti yang kamu bisa jual, semakin banyak uang yang kamu hasilkan sebagai insentif.

Menghasilkan uang dalam bisnis real estat relatif mudah karena ekspansi yang besar dari para pengembang properti dan juga populasi. Anda hanya perlu sedikit upaya untuk meyakinkan calon pembeli.

Gambar header Freepik.

Related Post

Leave A Comment

eleven − eight =