Blogging

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia

Posted by Bams
Ada beberapa cara mendapat uang dengan menggunakan internet, seperti melalui youtube, instagram, survey berbayar, blog dan masih banyak lagi lainnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan lebih detail bagaimana cara mendapatkan uang dari blog Bahasa Indonesia. Yuk, mari kita simak.

Apa sih Blog itu ?

Blog adalah sebuah website yang di dalamnya mengandung konten personal baik dalam bentuk artikel, video ataupun foto. Atau dapat juga diartikan sebagai website yang berisikan konten dari satu pemikiran atau beberapa penulis dan memiliki urutan postingan secara kronologis (runtut). 
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia
Terdapat beberapa istilah dari blog, seperti blogger dan blogging. Blogger adalah orang yang memiliki blog atau yang mempunyai sekaligus mengelola blog. Sedangkan blogging adalah aktivitas yang dilakukan oleh pengguna blog, seperti membuat dan mengisi blog dengan tulisan, video, gambar dan lain – lain.

Jenis – jenis Blog

Dalam perkembangannya, blog tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi saja. Saat ini blog adalah alat yang dimanfaatkan untuk mencapai berbagai macam tujuan. Baik dalam segi politik, ekonomi dan juga sosial. Berikut adalah jenis – jenis blog yang wajib Sobat ketahui:

Blog Pribadi

Di awal kemunculannya, blog memang digunakan untuk tujian pribadi. Seperti menulis cerita – cerita, baik cerita fiksi maupun pengalamannya. Oleh karena itu, sering sekali blog disebut sebagai “jurnal online”. 
Konten blog pribadi sangat bebas, karena pemilik blog bebas menentkan konten seperti apa yang akan ditulis tanpa aturan tertentu. Banyak tokoh-tokoh yang sukses dengan menggunakan jenis blog pribadi, diantaranya yaitu Raditya Dika dan Agus Mulyadi. Bahkan Raditya Dika berhasil menerbitkan buku berdasarkan pengalaman pribadinya yang dia tulis di dalam blognya.

Blog Profesional

Jika dengan blog pribadi Sobat diberikan kebebasan dalam mengisi kontennya, pada blog professional sobat akan diberikan batasan dalam menerbitkan konten. Pada blog profesional biasanya berisikan konten – konten yang dapat menunjukan profesionalitas pemilik blog terhadap suatu bidang tertentu saja. 
Misalnya saja Sobat adalah seorang yang ahli di bidang SEO dan digital marketing. Maka Sobat sebaiknya mengisi konten – konten blog profesional sobat dengan hal yang berhubungan dengan SEO dan digital marketing.

Blog Bisnis (Content Marketing)

Blog bisnis biasanya tidak hanya digunakan untuk tujuan pribadinya saja, melainkan juga dimanfaatkan untuk mendapatkan trafik bagi website perusahaan atau toko online.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Berbicara tentang uang, apakah Sobat ingin tahu bagaimana caranya mendapatkan uang hanya dengan menggunakan blog? Berikut akan kami bahas mengenai cara mendapatkan uang dari blog bahasa Indonesia:
  • Mulai Membuat Blog. Ketika Sobat ingin mendapatkan uang melalui blog, tentunya Sobat harus memiliki sebuah blog terlebih dahulu. Dalam membangun sebuah blog ada beberapa yang harus Sobat lakukan, antaralain memilih platform blog yang akan Sobat gunakan, menentukan nama domain dan hosting, melakukan konfigurasi blog sehingga blog Sobat akan terlihat telah beroperasi dengan baik dan yang terakhir yaitu design blog Sobat sebaik mungkin agar dapat memberikan kesan yang baik bagi para pengunjung. 
  • Setelah selesai membuat blog, selanjutnya yaitu membuat konten blog yang bermanfaat. Keberhasilan blogger adalah ketika dapat menciptakan konten yang bermanfaat entah itu menginspirasi, menghibur, membantu, menyelesaikan masalah dan lain – lain. Karena konten yang bermanfaat tersebut akan membuat pembaca merasa senang dan suka. Dan hal tersebut sangat penting bila Sobat ingin mendapatkan uang dari blog bahasa Indonesia. 
  • Langkah selanjutnya yaitu menemukan pembaca. Ketika Sobat telah berhasil menciptakan konten yang bermanfaat, selanjutnya Sobat harus fokus untuk memulai mempromosikannya. Dengan begitu akan menambah jumlah pengunjung pada blog Sobat. 
  • Membangun kedekatan dengan pembaca. Hal itu sangat diperlukan, karena dengan begitu pembaca akan lebih sering untuk mengunjungi blog yang telah Sobat bangun. Untuk membangun kedekatan dapat Sobat lakukan dengan cara merespon komentar yang mereka tulis atau melakukan pendekatan secara personal. 
  • Mulai menghasilkan uang dari pembaca. Empat langkah yang telah Sobat lakukan di atas merupakan langkah penting sebelum Sobat dapat membangun pendapatan jangka panjang melalui blog. Setelah menyelesaikan langkah – langkah di atas bukan berarti Sobat akan langsung mendapatkan uang secara otomatis. Ada beberapa langkah lagi yang harus Sobat lakukan dan pilih. Karena banyak sekali alternative – alternative langkah yang dapat Sobat pilih untuk mendapatkan uang dari blog bahasa Indonesia.

Alternatif Cara Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia

Program Afiliasi

Afiliasi merupakan model mendapatkan uang dengan cara mempromosikan produk atau jasa orang lain. Dan uang yang akan sobat dapatkan tergantung pada jumlah pengunjung yang membeli produk yang telah Sobat tawarkan melalui blog Sobat. 
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia
Kelebihan dari program afiliasi adalah Sobat tidak perlu repot – repot membuat produk yang hendak ditawarkan, karena yang perlu Sobat lakukan hanya membuat review atau menampilkan banner produk atau jasa tersebut. Dan pastinya review dan banner tersebut mengandung link afiliasi yang Sobat peroleh dari penyedia afiliasi. Kelemahan dari afiliasi adalah Sobat tidak dapat memperoleh langsung komisi yang didapatkan.
Melainkan Sobat harus menunggu dalam jangka waktu pembayaran yang telah ditentukan oleh masing-masing penyedia afiliasi. Selain itu penghasilan Sobat juga bisa saja menghilang apabila Sobat dianggap melanggar syarat dan ketentutan penyedia afiliasi.

Memasang Iklan PPC

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia
Iklan PPC atau Pay Per Click adalah model mendapatkan uang berdasarkan klik yang dilakukan pengunjung terhadap iklan yang telah Sobat pasang pada blog. Terdapat dua penyedia PCC yang terpopuler untuk blog Indonesia yaitu Google AdSense dan KlikSaya.
Dengan menggunakan cara ini, Sobat sudah tidak perlu repot – repot lagi mencari para pengiklan, karena para penyedia PCC akan menyediakannya. Yang harus Sobat lakukan setelah disetujui sebagai mitra penyedia PCC adalah meningkatkan pengunjung dan mengoptimalkan penampilan agar pendapatan yang Sobat dapatkan juga semakin banyak.
Karena penghasilan yang Sobat dapatkan tergantung dengan jumlah klik yang dianggap sah oleh penyedia PCC. Selain itu kekurangan dari cara ini yaitu Sobat harus menunggu jumlah minimal uang dan kurung waktu tertentu untuk pencairan pendapatan yang Sobat dapatkan.

Menyediakan tempat iklan mandiri

Iklan mandiri merupakan suatu cara mendapatkan uang dari blog dengan menyiapkan tempat yang nantinya akan digunakan meletakan iklan. Pada umumnya, iklan mandiri berbentuk banner dengan berbagai macam ukuran, seperti 125×125, 300×250, 160×600 dan 780×90. 
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia
Jika dibandingkan dengan PCC dan afiliasi, cara ini terbilang cukup menggiurkan dari segi pembayaran. Karena uang yang didapatkan akan langsung masuk ke kantong Sobat tanpa adanya syarat-syarat lainnya.   

Menyediakan Jasa

Apabila Sobat memiliki keahlian tertentu, Sobat dapat menjadikan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang sendiri dengan cara menawarkan jasa yang Sobat miliki kepada para pengunjung blog yang Sobat miliki. 
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia
Jika keahlian tersebut adalah keahlian yang Sobat miliki maka Sobat akan mendapatkan 100% uang dari penjualan jasa tersebut. Jika tidak, Sobat akan tetap mendapatkan keuntungan dengan pembagian komisi yang Sobat dapatkan. 

Menjual Theme atau Plugin

Selain menjual jasa, Sobat juga dapat menjual theme atau plugin pada blog yang Sobat miliki. Theme atau plugin tersebut bisa Sobat buat sendiri atau membayar orang lain. 
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia
Ada beberapa theme dan plugin yang sering dijual blogger yaitu theme untuk AdSense, toko online atau afiliasi Amazon. Sedangkan plugin untuk membuat tabel responsive. Keuntungan dari cara ini adalah pendapatan yang didapatkan dapat langsung masuk ke kantong pribadi.
Akan tetapi dalam pembuatannya dibutuhkan keahlian  programming yang dapat Sobat kerjakan sendiri atau dengan menggunakan jasa programmer. 

Melakukan DropShipping

Drop shipping adalah sebuah model bisnis menjualkan produk orang lain. Proses dropshipping adalah si pembeli akan membeli produk orang lain pada Anda, selanjutnya Anda akan mengirimkan  uang tersebut kepada pemilik produk dan meminta mereka untuk mengirimkan barang tersebut kepada si pembeli.
Keuntungan yang didapatkan dari cara dropshipping adalah Sobat menaikan harga beli. Sehingga Sobat akan menerima uang yang lebih besar dari si pembeli daripada uang yang Sobat kirimkan kepada pemilik produk. 
Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia
Misalnya saja, harga produk dari pemilik adalah sebesar  Rp. 100.000 dan Sobat menjualnya dengan harga Rp. 150.000. Maka Sobat akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 50.000.
Sobat dapat menjual produk – produk umum yang biasanya dijual dengan cara dropshipping seperti produk kecantikan, mainan anak, obat penurun berat badan, dan lain – lain.

Memberikan Bimbingan Privat

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia
Jika Sobat akan melakukan cara ini, itu berarti Sobat harus memiliki keahlian tertentu untung membimbing klien. Keahlian tersebut akan berbanding lurus dengan jumlah uang yang akan Sobat dapatkan.
Misalnya saja Sobat telah ahli dalam segi blogger dan mendapatkan uang dari blog, maka Sobat memiliki modal untuk memberikan bimbingan privat kepada klien Sobat.

Menyediakan Membership

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia

 

Membership merupakan suatu program keanggotaan berbayar dalam jangka waktu tertentu. Dimana materi yang disampaikan pada program ini tidak ada di blog, sehingga materi yang diberikan benar-benar ekslusif diberikan kepada anggota berbayar.
Uang yang didapatkan dari cara ini akan langsung masuk ke kantong pribadi Sobat. Akan tetapi program ini hanya dapat dilakukan oleh blogger yang telah memiliki keahlian ekstra. Contohnya seperti blogger yang penghasilannya mencapai $5.000 setiap bulannya.

Menjadi Pembicara Seminar

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia

 

Ketika Sobat telah menjadi blogger otoritas pada topic tertentu, Sobat bisa saja mendapatkan undangan sebagai pembicara di seminar yang berkaitan dengan topic yang Sobat bahas pada blog Sobat.  
Honor yang didapatkan biasanya sesuai dengan seberapa hebat keahlian Sobat dan seberapa terkenalnya Sobat. Dan honor yang didapatkan bisa langsung masuk ke kantong pribadi Sobat.

Mengadakan Event

Ketika Sobat telah memiliki banyak keahlian dan terkenal di bidangnya, Sobat dapat mengadakan sebuah event. Meskipun bukan pilihan dari kebanyakan blogger, tapi tak sedikit juga para blogger yang mendapatkan uang dengan mengadakan event. Sobat dapat mengadakan event mulai dari pertemuan blogger dan pembaca dengan skala kecil hingga konferensi berskala besar. Uang yang didapatkan bisa melalui pembayaran tiket ataupun sponsor event yang Sobat buat.

Recurring Income

Recurring income atau yang biasa disebut dengan continuity program adalah sebuah program yang mengharuskan pembaca membayarkan sejumlah uang secara teratur.
Uang yang dibayarkan biasanya dalam kurun waktu bulanan atau tahunan. Pembayaran tersebut biasanya digunakan untuk mendapatkan akses konten premium, area komunitas, layanan tertentu, pelatihan dan lain – lain.

Menjual Blog

Cara ini dapat dilakukan bagi mereka yang sudah membuat blog. Seberapa menarik blog yang dimiliki maka semakin tinggi pula nilai jualnya. Beberapa orang mungkin merasa berat ketika harus menjual blognya, akan tetapi jika memang sudah tidak memiliki waktu dan tidak mampu mengelolah blog, maka menjual blog dapat dijadikan opsi untuk mendapatkan uang.

Menulis Artikel Bisnis/Website Orang Lain

Kegiatan seperti ini biasa disebut dengan Paid for Review. Banyak beberapa perusahaan yang menginginkan agar bisnis mereka diulas oleh blog orang lain. Pada umumnya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Akan tetapi besar kecilnya uang yang didapatkan dari Paid for Review juga tergantung negosiasi antara keduanya.
Untuk mendapatkan Advertiser yang mau membayar untuk artikel review bukanlah hal yang mudah. Karena Advertiser lah yang akan menghubungi Sobat ketika mereka ingin perusahaannya untuk direview. Sehingga benar – benar suatu persaingan yang ketat bagi para blogger. Karena Advertiser akan memilih blogger yang dianggap pro di bidangnya.
Akan tetapi Sobat dapat mendaftar sebagai publisher di IDblognetwork lho. Sehingga Sobat dapat mempromosikan diri Sobat untuk mendapatkan job menulis artikel review.

Menjual Text Link Ads

Cara mendapatkan uang dari blog Bahasa Indonesia lainnya yaitu dengan cara menjual link di blog yang Sobat miliki. Dengan menjual link, tentunya Sobat harus menyediakan tempat / spot text link bagi situs – situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan backlink dari blog yang Sobat miliki.
Semakin tinggi ranking, Technorati, Alexa dan PR blog yang sobat miliki, maka semakin besar pula harga yang dapat sobat tawarkan. Saat ini terdapat beberapa program text link ads yang dapat Sobat ikuti, seperti Text-Link-Ads.com, Backlinks.com, TNX.net, LinkWorht.com dan TextLinkBrokes.com.

Menjual Produk Digital Karya Sendiri

Menulis dan membuat ebook bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Sobat memiliki keahlian tertentu yang dapat Sobat jual, kemudian menuliskannya ke dalam sebuah ebook dan mempromosikannya melalui blog yang Sobat miliki adalah sebuah ide yang brilian.
Karena selain Sobat mendapatkan penghasilan dari terjualnya ebook, melalui blog yang sama Sobat dapat mengembangkan sistem affiliasi sehingga pengunjung blog dapat mempromosikan kembali ebook dengan memberikan imbalan tertentu. Selain produk ebook, Sobat juga dapat menjual produk digital lainnya seperti audio, video dan lain-lain.
Setelah membaca uraian di atas, apakah Sobat sudah mendapatkan gambaran mengenai monetisasi blog? Atau bahkan Sobat telah menemukan ide lain yang justru lebih cocok dengan blog yang Sobat miliki?
Apapun itu semua, semoga uraian tentang cara mendapatkan uang dari blog bahasa Indonesia di atas dapat bermanfaat untuk Sobat semua. Jangan pernah menyerah dan kerjakanlah sesuatu dengan 100% kemampuan yang Sobat miliki. Karena hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Dan jangan lupa untuk tetap berdoa. Semoga berhasil.

Salah satu panduan paling lengkap yang bisa jadi rujukan adalan PanduanIM, silahkan dipelajari. Di sana lengkap sekali materinya.

Related Post

Leave A Comment

14 − seven =