Gado-gado

Ciri-Ciri Sakit Jiwa Ringan Berdasarkan Jenisnya

Posted by Bams

Ciri-Ciri Sakit Jiwa Ringan Berdasarkan Jenisnya – Sakit jiwa ringan atau yang sering disebut neurosis merupakan gangguan kejiwaan atau kepribadian yang terjadi dalam taraf ringan, sehingga penderitanya masih dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Berbeda dengan penderita yang memiliki penyakit jiwa atau psikosis, penderita sakit jiwa ringan biasanya tidak perlu mendapat perawatan khusus di rumah sakit.
Secara umum, ciri-ciri sakit jiwa ringan adalah adanya gangguan pada indera dan saraf motorik, sering merasa cemas, emosi yang terhambat, kondisi fisiknya tidak fit, cenderung tidak memperhatikan lingkungan, dll. Karena ciri-cirinya pun tidak mencolok, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki sakit jiwa ringan.

Ciri-Ciri Sakit Jiwa Ringan secara khusus

Meskipun terdapat ciri-ciri sakit jiwa ringan secara umum, namun sebenarnya sakit jiwa ringan tidak sesederhana kedengarannya. Terdapat banyak jenis gangguan yang tergolong sakit jiwa ringan, di antaranya gangguan kecemasan, histeria, dan sakit jiwa ringan karena fobia.
Gangguan kecemasan membuat penderitanya merasa cemas tanpa ada sebab yang spesifik. Selain dapat disebabkan apa saja, ketika kecemasan yang dirasakan sudah sangat hebat, maka aktivitas penderita dapat terganggu. Gejalanya sendiri berbeda-beda mulai dari rasa cepat lelah, keringat dingin, ketegangan, panik, hingga sesak nafas.
Contoh sakit jiwa ringan yang kedua adalah histeria. Penderita histeria dapat kehilangan kendali atas emosinya, terutama saat ada dalam situasi yang membuat penderita tertekan secara emosional.
Histeria sendiri dapat dibagi menjadi histeria minor dan histeria mayor. Histeria minor akan menyebabkan penderita mengalami gangguan pada saraf motorik sehingga dapat menyebabkan lumpuh, kejang, mati rasa, dll. Sementara histeria mayor lebih mempengaruhi kepribadian dari penderita. Jika sudah parah, dapat timbul kepribadian ganda pada diri penderita.
Contoh terakhir adalah sakit jiwa ringan karena fobia. Sesuai namanya, ciri-ciri sakit jiwa ringan karena fobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap suatu benda atau keadaan. Karena itulah ada banyak macam fobia, tergantung dari benda atau keadaan yang ditakuti.
Ciri-ciri sakit jiwa ringan karena fobia yang lain adalah timbulnya rasa lelah, mual, berkeringat, hingga rasa akan pingsan saat dihadapkan pada benda atau keadaan tertentu.

Referensi: Wikipedia

Related Post

Leave A Comment

6 − 4 =