Gado-gado

Definisi Kesehatan Mental Dalam Dunia Psikologi

Posted by Bams

Definisi Kesehatan Mental Dalam Psikologi – Ya, seseorang dikatakan sehat secara keseluruhan apabila orang tersebut sehat secara jasmani maupun rohani, karena kedua entitas itu tidak dapat dipisahkan. Kedua hal tersebut tentunya akan saling bekerjasama, jasmani merupakan penggerak atas perintah dari akal yang ada, nah jika akalnya bermasalah maka begitu juga dengan kondisi jasmaninya.
Jadi, seseorang akan dikatakan sehat sempurna ketika keduanya sama-sama baik, artinya tidak ada permasalahan yang serius sehingga mengganggu kelangsungan hidup orang itu sendiri.
Lalu bagaimanakah definisi kesehatan dalam psikologi yang benar dan tepat? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai materi tersebut, hal itu dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan bagi anda semua yang membaca artikel ini.

Mempelajari definisi kesehatan mental dalam psikologi

definisi mental dalam psikologi
definisi mental dalam psikologi

Menurut seorang ahli psikologi Dr.Kartini Kartono, dia mengatakan bahwa seseorang yang dinyatakan sehat adalah seseorang yang memiliki kondisi mental yang baik, hal itu dapat diwujudkan dengan sifat-sifat yang memiliki cirikhas, yakni di antaranya adalah: seseorang tersebut memiliki suatu kemampuan untuk berlaku  dan bertindak secara efisien, mempunyai tujuan hidup yang jelas, memiliki konsep hidup yang masuk akal atau sehat, dan juga memiliki batin yang tampak tenang.
Dari uraian panjang yang disampaikan oleh Dr.Kartini Kartono tampak jelas bahwa seseorang yang sehat secara mental adalah seseorang yang dapat melakukan adaptasi ketika dia menjumpai lingkungan yang baru, dapat menempatkan dirinya sendiri terhadap suatu perubahan sosial dan selalu memiliki keaktifan penuh untuk berpartisipasi serta merasakan kepuasan ketika hal yang diinginkan tercapai dengan sesuai harapannya.
Namun ada pula yang mengungkapkan pendapatnya bahwa kesehatan mental adalah seseorang yang terhindar dari gangguan dari penyakit kejiwaan. Selain itu, pendapat lain juga diungkapkan bahwa seseorang yang sehat secara mental adalah  seseorang yang sedang berada dalam kemampuan menyesuaikan diri dalam menghadapi suatu masalah dan terjadilah keguncangan-keguncangan yang pasti mengganggu kondisi mentalnya. Namun terlepas dari definisi di atas untuk memudahkan bagi anda dalam memahami materi ini, berikut telah penulis uraikan definisi mental secara gamblang.

Definisi mental dalam psikologi:

  • Kesehatan mental adalah seseorang yang telah terhindar dari gejolak jiwa.
  • Kesehatan mental adalah adanya kemampuan dari seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, masyarakat dan dirinya sendiri dengan mudah tanpa ada kendala.
  • Kesehatan mental adalah pengetahuan atau pemahaman dan perbuatan seseorang untuk mengambangkan potensi diri yang meliputi bakat dan pembawaan diri secara maksimal sehingga dapat menimbulkan kepuasan dan kebahagiaan bagi diri sendiri dan juga orang lain.
  • Kesehatan mental adalah seseorang yang telah terhindar dari guncangan dan penyakit kejiwaan.
  • Kesehatan mental adalah seseorang yang dapat mewujudkan suatu keharmonisan dalam peranan jiwa dan tercipta sebuah kemampuan diri untuk menghadapi persoalan-persoalan yang terjadi sehari-hari dalam kehidupannya sehingga dapat merasakan kepuasan dan kebahagiaan.

Nah itulah tadi definisi mental dalam psikologi. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat bagi anda semua yang berkunjung untuk membaca artikel ini.

Related Post

Leave A Comment

thirteen + fourteen =