Jariyah

Doa Setelah Adzan, Makna dan Keutamaannya

doa setelah adzan
Posted by Bams

Jika anda seorang muslim pastilah sangat memahami makna dari kumandang adzan yang dilantunkan 5 kali dalam sehari, karena memang adzan ini sendiri adalah panggilan ibadah dalam agama islam.

Mulai dari subuh sebelum matahari menyingsing hingga isya setelah matahari tenggelam kita akan mendengar kumandang suara adzan yang memang sangat merdu yang mengharuskan umat islam mengerjakan ibadah wajib yaitu sholat.

Dalam adab mendengarkan adzan ada doa setelah adzan yang perlu kita baca.

Bacaan Doa Setelah Adzan

Doa Setelah Adzan

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah,
Washholaatil qoo-imah, aati muhammadanil,
Washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal,
‘aaliyatal rofii’ah, wab’atshu maqoomam
Mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz

Artinya:

Ya Allah, tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berikanlah al-wasilah (derajat di surge), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitlah beliau sehingga bisa menepati kedudukan terpuji yang engkau janjikan.” (HR. Bukhari, Abu dawud, Tarmizi, Nasa’I dan Ibnu Majah)

Bacaan Doa Pendek Setelah Adzan

Jika pada umumnya doa setelah adzan memiliki bacaan seperti yang telah kita bahas di atas, maka ada pula doa pendek yang bisa kita baca setelah mendengarkan lantunan adzan.

Waktu yang paling baik untuk memanjatkan doa adalah setelah adzan selesai dikumandangkan, hingga waktu iqomah. sesuai dengan hadist riwayat Abu Daud nomor 524 serta Ahmad 2 : 172 dari Abdullah bin Amr.

Rasululloh SAW bersabda yang artinya: ucapkan lah sebagaimana disebutkan oleh muadzin. Lalu, jika sudah selesai adzan, berdoa lah, maka akan diijabah (dikabulkan)

Sholawat Setelah Adzan

Setelah kita mendengar adzan maka disunahkan untuk berdoa karena di antaranya merupakan waktu yang paling baik dalam berdoa dan seluruh doa baik yang ada akan dikabulkan.

Maka dari itu waktu ini adalah waktu yang baik maka ada baiknya kita isi dengan hal – hal baik salah satunya dengan bersholawat. Amalan sholawat ini juga disunahkan oleh Rasulullah SAW  juga dibaca setelah adzan.

Sebuah hadis sahih yang diriwayatkan oleh muslim nomor 384, seorang bernama Abdullah bin Amr bin Al Ash, pernah berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkan lah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin.

Lalu bersholawat lah untukku. Sebab siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah SWT akan bersholawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali.

Lalu mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya di peruntukkan bagi hamba Allah, aku berharap aku lah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.

Makna Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan memang disunahkan oleh baginda Rasulullah SAW dengan berbagai keistimewaan dan beberapa makna penting yang terkandung di dalamnya. seperti:

  • Allahumma robbahaadzihid da’watit taammah

Pengertian dari bacaan tersebut adalah wahai Allah, tuhan seruan dengan makna yang terkandung di dalamnya adalah memohon hanya kepada Allah SWT dengan kebenaran.

Kesempurnaan seruan di sini dimaksudkan dengan seruan tauhid yang tidak ada kesalahan di dalamnya. Tidak mengalami perubahan dan pergantian hingga hari kebangkitan nanti.

  • Washsholaatil qoo imah

Arti dari bacaan tersebut adalah sholat yang kekal, yang tidak akan menghapus suatu agama apapun serta tidak akan menghapus syariat manapun. Hal ini sama dengan sholat harus selalu dikerjakan sampai hari kiamat oleh umat muslim diseluruh dunia

  • Aati muhammadanil washiilata

Arti dari bacaan tersebut adalah suatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada yang selalu lebih besar, lebih tinggi, dan lebih mulia.  Arti tersebut memiliki makna bahwa nabi Muhammad SAW berada dekat disisi Allah SWT karena suatu perantara

  • Al-Fadhilah

Arti dari kata diatas adalah derajad atau kedudukan. Yang maknanya adalah kedudukan  rasulullah lebih tinggi dari seluruh makhluk di bumi ini

  • Wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah

Arti dari kata di atas adalah dan dibangkitkanlah Rasulullah SAW sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang engkau janjikan. pengertian tersebut memiliki makna kita meminta hanya kepada Allah SWT untuk menempatkan Rasulullah ditempat yang paling tinggi, paling mulia, dan terpuji

Keistimewaan Membaca Doa Setelah Adzan

 Jika kita mendengar seruan adzan dan segera  membaca doa setelah adzan maka nescaya akan mendapat banyak keistimewaan yang juga diterangkan di dalam hadis. Seperti berikut:

Keistimewaan yang pertama terdapat dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari jabir bin Abdullah Ra, sabda Rasulullah berbunyi

“Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucap (doa setelah adzan) maka masuk lah syafaatku baginya di hari kiamat.” (Bukhari)

Melihat dari pengertian sabda nabi tersebut bahwa akan ada syafaat nabi di hari kiamat kelak yang bisa kita artikan dalam banyak hal kebaikan, seperti:

  • Syafaat yang pertama untuk memohon pengampunan kepada Allah SWT untuk menghapus seluruh dosa umatnya
  • syafaat berikutnya bisa masuk surga tanpa menghadapi hari penghisaban
  • Syafaat selanjutnya ditujukan untuk meninggikan derajat setiap umatnya sesuai dengan yang pantas baginya.
  • Selanjutnya ia akan dikarunia akhir hidup yang khusnul khotimah

Keistimewaan Antara Adzan dan Iqomah

Sebaik – baik waktu berdoa adalah diantara adzan dan iqomah. Antara waktu keduanya memiliki banyak keistimewaan, berikut di antaranya:

  • Keistimewaan waktunya

Keistimewaan yang pertama bisa kita lihat dari segi waktu, di mana antara adzan dan iqomah adalah seruan untuk melaksana kan solat. Lalu sholat itu sendiri merupakan penghulu dari segala ibadah. Itulah yang menyebabkan ada keistimewaan waktu di antara adzan dan iqomah

  • Keistimewaan orang yang berdoa

Kalimat adzan memang menjadi wasilah untuk berdoa. Berikut bacaan latin adzan:

Allahu akbar, allahhu akbar (2X)
Asyhadu alla illaaha illallah (2X)
Asyhadu anna muhammadar rasuulullah (2X)
Hayya’alashalaah (2X)
Hayya’alalfalaah (2X)
Allahu akbar, allahu akbar (1X)
Laa ilaha illallah (1X)

Keistimewaan doa setelah azan memang yang paling baik karena orang yang berdoa akan menyaksikan dengan keimanan serta menjauhi kesyirikan dengan lantunan atau jawapan adzannya.

Karena dalam islam keimanan adalah hal yang paling penting sebab tanpa iman di dalam hati artinya tidak memiliki keislaman di dalam dirinya. Maka dengan keimanan akan terkabul suatu doa.

Selain itu juga sudah melakukan ibadah yang utama atau yang disunahkan yaitu menjawab bacaan azan serta melantunkan doa setelah azan.

Doa setelah adzan memang sangat baik kita ucapkan karena di dalamnya memiliki banyak sekali keutamaan atau keistimewaan yang membawa kita pada umat yang akan menerima syafaat Rasulullah.

Untuk itu ada baiknya kita mengucapkan perkataan yang baik pada kondisi apapun agar memiliki hidup yang lebih baik terutama pada saat adzan selesai dikumandangkan hingga waktu iqomah.

Related Post

1 Comment

  1. tari

    iqomah kalo ngikut KBBI jadi ikamah. gak enak banget bacanya ya

Leave A Comment

7 − one =