Bacaan Doa Tahun Baru Hijriyah – Awal dan Akhir Tahun

By

Tahun Baru Hijriyah adalah pergantian tahun bagi umat Islam yang diperingati setiap tanggal 1 Muharram. Umumnya orang memperingati tahun baru dengan berpesta atau membuat resolusi.

Namun, umat Islam memiliki cara tersendiri yang dianjurkan para ulama sesuai hadits Nabi salah satunya dengan berdoa. Berikut bacaan doa Tahun Baru Hijriyah.

Doa akhir tahun Hijriyah

Sebelum memasuki pergantian tahun, dianjurkan untuk membaca doa akhir tahun. Tahun ini 1 Muharam jatuh pada hari Kamis 20 Agustus 2020.

Doa akhir tahun dapat diucapkan pada hari terakhir di bulan Dzulhijjah yaitu pada hari Rabu siang atau sorenya. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allahumma maa ‘amiltu min ‘amalin fii hadzihissanati maa nahaitanii ‘anhu walam atubminhu wakhalumta fiihaa ‘alayya bifadzlika ba’da qudrotika ‘alaa ‘uquwatii wada’autanii ilaattaubati min ba’di jaroo atii ‘alaa ma’siyatika fainnaastaghfartuka faghfirlii wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardzoo wa wa’adtaanii ‘alaihitzawaaba fa asaluka an tataqobbala minnaa walaa taqto’ rojaa I minkaa yaa kariim.

Artinya: Ya Allah, aku mohon ampun atas segala perbuatanku yang Engkau larang di tahun ini sedangkan aku belum sempat bertobat. Kau memaklumi perbuatanku karena kemurahanMu sedangkan Kau mampu menyiksaku. Kau memerintahkan tobat, sementara aku menerjangnya dan mendurhakaiMu. Karena itu, aku meminta ampun. Ampuni hamba Ya Allah wahai Tuhan yang Maha Pemurah.

Doa tersebut adalah dosa yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW saat berakhirnya bulan Dzulhijjah untuk menyambut datangnya tahun yang baru. Doa ini tercantum dalam kitab Maslakul Akhyar karya Sayid Utsman.

Tujuan membaca doa akhir tahun adalah untuk memohon ampun atas segala dosa yang diperbuat pada tahun tersebut. Doa ini hendaknya diucapkan sebelum Magrib karena pergantian hari dalam Islam adalah saat matahari terbenam atau Magrib.

Baca Juga: Niat Puasa Tahun Baru Hijriyah 1442

Doa awal tahun Hijriyah

Doa awal tahun seyogyanya diucapkan pada pergantian tahun yaitu setelah Magrib. Anda boleh juga mengucapkannya sepanjang malam setelah matahari terbenam diikuti dengan banyak mengucapkan istighfar. Dikutip dari buku Maslakul Akyar, berikut bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma anta abadiyyu qodiimu awwalu wa’alaa fadzlika ‘adziimi wakariimi juudika mu’awwalu wahadzaa ‘aamun hadiidun qod aqbala as aluka ‘ismata fiihi minasyaitooni wa’auliyaaihi wa’auna ‘alaa hadzihinnafsi ammaaroti bissuu i waalistighoola bimaa yuqorronii ilaika zulfa yaa dzaa jaalaliwaa ikrom.

Artinya: Ya Allah Tuhan yang Kekal, Qadim, dan Awal. KaruniaMu yang besar dan KemurahanMu yang Mulia membuka pintu harapan. Tahun telah berganti. Hamba berlindung kepadaMu dari bujukan iblis dan para pengikutnya.

Selain membaca doa akhir dan awal tahun, masih banyak amalan lain yang dianjurkan oleh para ulama untuk dilakukan sepanjang bulan Muharram. Bulan baik ini adalah bulan istimewa di mana banyak peristiwa bersejarah tentang para nabi terjadi.

Amalan-amalan yang dianjurkan antara lain banyak berdoa dan berdzikir, puasa, bersedekah pada anak yatim, dan mempererat tali silaturahmi.

Jangan lupa untuk selalu bermusahabah. Semoga di bulan yang dimuliakan Allah ini, anda mendapat banyak pahala dan semakin ditinggikan derajatnya di sisi Allah SWT.

Leave a Comment