Gado-gado

Hubungan Antara Menstruasi dan Ovulasi

Posted by Bams

Bagaimanakah hubungan antara menstruasi dengan ovulasi? Ya, jika kita berbicara mengenai menstruasi maka sudah pasti ada kaitannya dengan yang namanya ovulasi. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan karena merupakan dua entitas yang berbeda tetapi keduanya harus ada untuk melengkapi.
Menstruasi merupakan bagian yang penting kemungkinan terjadinya ovulasi, dan sebaliknya, ovulasi juga tidak akan terjadi apabila tidak adanya menstruasi.
Menstruasi seperti yang telah kita ketahui adalah sebuah peristiwa penting bagi para wanita, dimana peristiwa tersebut adalah momen yang menyenangkan sekaligus menyakitkan, mengapa demikian? Dikatakan menyenangkan karena kemungkinan besar ingin memiliki seorang anak telah dekat, dan menyakitkan karena ketika menstruasi datang perut terasa nyeri tak karuan. Tetapi, itulah sensasi yang harus dinikmati.
Sedangkan ovulasi merupakan proses pematangan telur yang sudah siap untuk dilepaskan dari rahim wanita, dan pada saat itulah telur siap untuk dibuahi. Jadi bisa dikatakan bahwa ovulasi merupakan proses masa subur bagi seorang wanita setelah mengalami menstruasi.
Hubungan antara menstruasi dengan ovulasi
Seorang wanita yang mengalami ovulasi adalah seorang wanita yang sedang mengalami masa subur. Pada saat itulah, sel telur yang sudah matang telah siap untuk dibuahi oleh sperma.
Perlu diketahui bahwa masa subur seorang wanita ini kira-kira hanya berlangsung selama 48 jam atau dua hari sedangkan kualitas sperma untuk membuahi sel telur yang sudah matang kira-kira terletak pada jam-jam pertama atau kedua setelah dilepaskan, begitu juga dengan sel telur yang sudah matang yang baik adalah ketika baru saja dilepaskan. Jadi, intinya akan ada ovulasi jika ada menstruasi, dan sebaliknya tidak akan ada ovulasi jika seorang wanita belum mengalami menstruasi.
Nah penting diketahui oleh para perempuan mengenai hal ini supaya yang sudah bersuami bisa mengatur kapan harus bercinta untuk melakukan hubungan intim, dan bagi yang belum bersuami supaya tidak sembarangan menyerahkan tubuhnya kepada kekasihnya.
Demikianlah pembahasan tentang hubungan antara menstruasi dengan ovulasi. Semoga dapat bermanfaat.

Related Post

Leave A Comment

twenty − four =