Gado-gado

Inilah Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Posted by Bams

Cara meningkatkan kecerdasan emosional anak –¬†Ya, kecerdasan merupakan suatu kebanggaan bagi siapa saja yang memilikinya, sebab jika seseorang itu telah mempunyai kecerdasan sudah pasti akan dapat meraih segalanya. Selain itu, kehidupannya akan cerah untuk menuju masa depan karena segala sesuatu akan bisa dia dapatkan dengan mudah, khususnya dalam memupuk prestasi di sekolah atau di dalam lingkungan masyarakat.
Tentu hal itu sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah, soal kasih sayang dari orang tua pun guru juga akan bisa diperoleh dengan mudah. Hal itu dapat dibuktikan bahwa seseorang yang memiliki kecerdasan akan dipuji, disanjung, dan selalu menjadi nomor satu baik di sekolah maupun dalam lingkungan keluarganya.
Namun meski pun demikian, sebagai orang tua tentu tidak bisa berbuat pilih kasih terhadap anak-anaknya, tetapi yang paling penting adalah bagaimana cara meningkatkan kecerdasan terhadap anak supaya semakin berkembang dalam hal berpikir dan pengetahuan lainnya. Sebab jika tidak, maka kecerdasan anak akan tetap statistis tidak akan mengalami perubahan yang siknifikan, apalagi jika terlarut dalam sifat kebanggaan yang berlebihan.
Lalu pertanyaannya, bagaimanakah cara meningkatkan kecerdasan emosional terhadap anak? Berikut ini akan dipaparkan oleh penulis.

Inilah cara meningkatkan kecerdasan emosional anak Yang Wajib Ibu Ketahui
Inilah cara meningkatkan kecerdasan emosional anak Yang Wajib Ibu Ketahui

Tips jitu meningkatkan kecerdasan emosional anak

Tentu terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh ibu sebagai orang tua untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak, sebab memang ada beberapa hal yang diperlukan oleh anak tersebut dalam upaya peningkatan atau perkembangan sebuah emosi yang sehat. Hal itu tentu tidak luput menurut pendapat para ahli pendidikan anak yakni Reynolds.
Menurut Reynolds ada beberapa hal yang memang diperlukan oleh anak dalam meningkatkan kecerdasan, di antaranya adalah:

  • Seorang anak yang masih berusia tiga sampai dengan enam tahun harus mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang tuanya, keluarganya, para guru, dan teman-temannya.
  • Anak yang duduk dibangku sekolah taman kanak-kanak harus benar-benar mempunyai perasaan diinginkan kehadirannya dan memiliki tempat khusus dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan bermain.
  • Anak harus memiliki sifat sadar bahwa dirinya sangat diperlukan eksitensinya dalam lingkungan sekitar.
  • Anak yang masih duduk dibangku taman kanak-kanak perlu merasakan dan kepuasan tersendiri terhadap apa yang sudah dilakukannya.
  • Anak yang masih duduk dibangku taman kanak-kanak juga perlu mendapatkan kesempatan untuk hidup mandiri, memutuskan hal-hal yang ringan sendiri, dan memiliki kesempatan lagi ketika dia telah mengalami kegagalan.
  • Anak yang duduk dibangku taman kanak-kanak harus memiliki rasa aman ketika menjalin hubungan dengan orang lain, karena hal itu merupakan faktor kedekatan dengan orang lain yang dapat dipercaya menjadi hal yang paling penting.
  • Anak yang duduk dibangku taman kanak-kanak harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan juga memiliki keinginan untuk membangun terhadap suatu kesadaran terhadap kebaikan-kebaikan yang ada pada dirinya sendiri.
  • Anak yang duduk dibangku taman kanak-kanak harus diberi pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan rentang usia pada saat itu.
  • Anak yang duduk dibangku taman kanak-kanak harus diperlakukan sebagai seseorang yang memiliki sebuah identitas.
  • Anak yang duduk dibangku taman kanak-kanak harus diberikan apresiasi, penghargaan, dan juga rangsangan emosional yang baik atas apa yang sudah dilakukannya, meski terkadang belum memuaskan.
  • Anak yang duduk dibangku taman kanak-kanak harus diajarkan saling mencintai terhadap sesama dengan dibarengi pemberian contoh dari orang tua, guru dan keluarga.
  • Anak yang duduk dibangku taman kanak-kanak jangan terlalu sering dilarang ketika melakukan imajinasi yang sesuai dengan keinginannya.
  • Jangan menuntut anak yang masih duduk dibangku taman kanak-kanak untuk melakukan apa yang tidak menjadi kehendaknya, misal harus hafal alquran dengan cepat, harus bisa menghitung dengan cepat dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan tentang cara meningkatkan kecerdasan emosional anak. Semoga dapat bermanfaat bagi para orang tua, guru dan keluarga.

Related Post

Leave A Comment

sixteen + 11 =