Gado-gado

Inilah Perbedaan Mikrosporogenesis Dan Megasporogenesis

Posted by Bams

Apakah perbedaan dari mikrosporogenesis dan megasporogenesis? – ┬áTentu bagi yang belum memahami istilah tersebut akan merasa kebingungan ketika ditanya tentang perbedaannya, maka dari itulah penulis akan mencoba menguraikan istilah tersebut melalui artikel kali ini. Tentu hal itu dimaksudkan untuk menambah wawasan bagi kita semua, khususnya yang belum memahami makna tersebut.
Pada proses angiosparmae akan terjadi pembuahan secara ganda, karena akan menghasilkan embrio, dan juga akan menghasilkan endospora. Dalam proses gametogenesis yang terjadi pada angiospermae terdapat dua macam yakni: Megasporogenesis merupakan sebuah proses pembentukan sel-sel telur (megaspora).
Dalam sel telur megasfora terletak pada bagian bakal buah yakni ovarium sel induk megaspora yang akan mengalami perkembangan meiosis yang nantinya akan memperoleh hasil dua sel anak yang haploid. Kedua sel anak tersebut akan mengalami pembelahan meiosis II dan akan menghasilkan 4 sel anak yang akan haploid.
Tetapi, tiga di antaranya akan mengalami kematian atau istilahnya adalah degenerasi sementara itu untuk satu sel yang lain tetap hidup dan akan mengalami yang namanya kariokinesis selama tiga kali berturut-turut, sehingga dari proses tersebut akan dihasilkan h inti yakni sel yang bersifat haploid.
Sedangkan Mikrosporogenesis merupakan sebuah proses pembentukan dari mikrospora yang berlangsung di dalam kotak sari pada kepala sari. Proses Mikrosporogenesis ini akan diawali dari sel induk mikrospora, yang kemudian akan mengalami yang namanya pembelahan meiosis I yang nanti akan menghasilkan dua sel yang bersifat haploid (n). hasil pembelahan tersebut dari masing-masing sel anak akan mengalami yang namanya sel meiosis I sehingga akan memperoleh hasil dua sel anak lagi.

Lalu apakah perbedaan dari Mikrosporogenesis dan Megasporogenesis?

Ya, seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa Mikrosporogenesis merupakan sebuah proses pembentukan mikrospora yang yang telah berlangsung pada bagian kotak sari dalam kepala sari. Proses Mikrosporogenesis ini berawal dari sel induk mikrospora, kemudian nanti akan mengalami pembelahan meiosis I yang akan menghasilkan dua sel yang bersifat hafloit.
Sedangkan Megasporogenesis merupakan sebuah proses pembentukan sel-sel telur megaspora, sel telur megaspora ini terletak pada bakal buah yakni ofarium. Sel induk megaspora ini mengalami pembelahan meiosis yang akan menghasilkan dua sel anak yang bersifat hafloit.
Demikianlah pembahasan tentang perbedaan Mikrosporogenesis Dan Megasporogenesis. Semoga dapat bermanfaat.

Related Post

Leave A Comment

five + 12 =