Gado-gado

Jendela Alam Lembang, Tempat Wisata Bandung yang Sumpah Keren Banget!

Posted by Bams

Untuk kamu yang sedang berada di kota Bandung, dan ingin menghilangkan penat kerja dan macetnya pusat kota, kamu dapat mencoba datang ke Jendela Alam Lembang. Tempat ini cukup terkenal di kota Bandung dan merupakan salah satu tempat wisata field trip berbagai sekolah di Bandung atau Jawa Barat karena Jendela Alam terbilang tempat wisata yang nyaman dan edukatif.

Tempat Wisata Populer Kota Bandung, Jendela Alam Lembang

Jendela alam adalah tempat wisata edukasi yang berada di Lembang dan harus kamu kunjungi, disini kamu dapat menikmati alam yangmasih sejuk, hijau dan dingin. Jendela alam juga menyediakan berbagai ketigatan edukasi yang dapat kamu ikuti, dan tentunya akan memberikan kamu pengetahuan baru. Kegiatan edukasi yang diberikan tentu tidak membosankan seperti yang dipikirkan orang-orang, karena jendela alam merancang sedemikian rupa agar lebih mudah dimengerti dan lebih menarik.

Di Jendela Alam Lembang, Bisa Ngapain Aja?

Hal-hal yang dapat kamu lakukan di jendela alam Lembang bisa dibagi dalam beberapa bagian. Aktivitas yang dapat kamu coba adalah jendela edukasi, Salah satu kegiatannya adalah berkebun konvensional, disini kamu akan dibimbing dan diperkenalkan mengenai bagaimana cara berkebun konvensional yang baik dan benar. Orang-orang guider yang bekerja disini cukup berpengalaman sehingga kamu akan lebih nyaman mengetahui bagaimana cara berkebun yang benar dan menyenangkan. Kamu juga akan diperkenalkan dengan alat perkebunan dan cara menggunakannya, dan lain-lain.’
Jendela Alam Lembang bandung
Hal dapat kamu lakukan lainnya adalah berburu harta karun, disini kamu akan dibagi dalam beberapa kelompok dan akan diberikan berbagai petunjuk yang ditujukan untuk mendapatkan harta karun. Dengan kegiatan ini, anak-anak yang datang dapat belajar dan meningkatkan kerjasamanya, penyelesaian maslaah, atau skill mapping.
Selain itu anak-anak disini juga dapat mencoba memanen buah tomat cherry kuning atau merah yang berada di greenhouse tomat cherry. Tentunya anak-anak akan diajarkan mengenai tomat cherry, cara menanamnya, ataupun kandungan gizinya sehingga anak-anak akan lebih tahu lagi mengenai buah ini. Setelah dipetik, buah-buah juga dapat dipacking rapid an dapat dibawa pulang untuk dimakan di rumah.
Tidak hanya buah tomat cherry saja, anak-anak juga dapat merasakan panen telur dimana akan diajarkan asal telur ayam dan edukasi mengenai ayam. Para peserta yang datang akan diberikan wadah telur dan dapat mengambing langsung telur di peternakan ayam.
Jendela Alam Lembang
Selain itu, anak-anak juga cukup menyukai fasilitas tour sahabat alam. Para peserta akan diarahkan oleh guide untuk mengelilingi area, dan selagi berkeliling anak akan mendapat penjelasan mengenai daerah sekitar yang dilewat saat berkeliling. Area yang dilewat adalah area hidroponik, rumah jamur tiram, area tanaman obat, greenhouse tomat cherry, rumah reptile, kambing etawa, rumah kuda poni peternakan ayam arab, kelinci, dan rusa totol. Tentunya pengalaman sebanyak itu sulit didapatkan di tempat wisata lain selain di jendela alam lembang.

Fasilitas Lainnya, bagaimana?

Ada juga fasilitas jendela permainan, dimana para peserta dapat bermain dengan peserta lainnya. Ada perang-perangan air dimana anak-anak harus merobohokan benteng yang dibuat menggunakan bola air yang sudah disediakan. Selain itu, ada juga kolam renang jendela alam, anak-anak diizinkan berenang sesuai bimbingan dari guide dan menggunakan mini water boom.
Jendela Alam Lembang
Anak-anak juga dapat mencoba fasilitas yang cukup populer yaitu permainan menggiring bebek, para peserta akan dibawa ke lapangan dan diharuskan menggiring bebek dari satu kandang ke kandang yang berada di sebrangnya. Tidak hanya fasilitas-fasilitas tersebut, anak-anak juga dapat mencoba pengalaman berkuda, flying fox, balap balon, tarik tambang, floating water stick dan lain-lain disini.
Terdapat juga fasilitas jendela workshop dimana para peserta akan mendapatkan pengalaman baru tentang anatomi, hewan, dan lain-lain. Workshop yang cukup terkenal adalah workshop bedah anatomi hewan, anak akan diajakarna cara membedah hewan dan fungsi dari organ tubuh tertentu. Tetapi biasanya anak-anak tidak berani membedah hewan secara langsung dan menonton pembedahan saja.
Jendela Alam Lembang
Anak juga diajarkan membuat kompos di workshop ini. Para peserta akan diajarkan fungsi dari limbah kotoran hewan ataupun sampah yang berada di kebun dan cara menggunakannya. Tentunya anak-anak akan mendapatkan pandangan baru mengenai kotoran hewan atau sampah yang sebagian besar anak kira tidak berguna dan hanya mengotori lingkungan saja. Sebenarnya masih ada workshop lainnya yang dapat kamu coba seperti Workshop takakura, telur, hidroponik, dan anatomi hewan.
Selain itu, jika kamu ingin melihat dan melatih kemampuan seni anak-anak cobalah jendela seni yang sediakan jendela alam. Kegiatan ini sangat diminati oleh anak-anak yang gemar menggambar karena anak akan diberikan semua alat yang diperlukan dan kebebasan untuk menggambarkan apa yang dia suka.
Kegiatan Jendela ini juga terbagi lagi menjadi kegiatan menghias layangan, dimana peserta diberikan kebebasan untuk menggunakan peralatan melukis pada layangan dengan bebas. Peserta juga dapat menghias tanah liat, dengan bahan-bahan tanah liat yang sudah dibentuk dan peralatan melukis yang diberikan secara langsung oleh Jendela alam. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu anak mengembangkan imajinasi, ketangkasan tangan, dan ketelitian dalam melukis.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Jendela Alam Lembang

Untuk kamu yang ingin datang ke jendela alam lembang Bandung, lokasinya berada di sersan bajuri KM 4,5 komplek graha puspa lembang. Lokasinya cukup terlihat jelas dan dapat diakses oleh mobil maupun motor sehingga bagi kamu yang ingin membawa kendaraan tidak perlu takut. Selain itu harga tiket masuk yang diberikan juga sangatlah murah, kamu perlu memayar Rp.10.000 saat hari biasa dan Rp.15.000 saat weekend.
Perlu diingat jika biaya-biaya ini hanya biaya masuk saja dan tidak termasuk fasilitas atau wahana yang akan dirasakan anak saat masuk. Harga dari wahana sendiri berkisar dari Rp.15.000 – Rp.35.000 tergantung dari jenis wahana yang digunakan anak.
Perlu diingat jika jendela alam ini wisata yang dikhususkan untuk anak, sehingga jam tutupnya tidak terlalu malam. Bagi kamu yang ingin datang langsung, kamu dapat mengunjungi jendela alam lembang pada pk.09.00 – 17.00. Selain itu, jika kamu memiliki pertanyaan dan ingin menghubungi jendela alam, kamu dapat menghubungi nomor telepon 022-2788-482 atau 022-9222-77272.
Jendela Alam Lembang

Wait… sebelum ke sana, baca ini dulu!

Pada kesempatan ini juga kami ingin memberikan beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk pengalam berwisata yang maksimal. Kamu dapat mengunjungi jendela alam pada pk.14.00 dimana cuaca tidak terlalu panas atau terlalu dingin, mintalah jasa panduan wisata dari fasilitator jendela alam langsung, dan bawalah perlengkapan baju ganti, jika kamu lapar perlu diingat adanya larangan membawa makanan dari luar kecuali makanan bayi, tetapi kamu tidak perlu takut karena adanya kantin dan cafe.
Selain itu, jika kamu ingin meraskaan pengalaman berwisata dimana seluruh keluarga dapat menikmatinya, cobalah paket tour sahabat alam dan animal feeding, dimana anak dapat belajar cara bertani dan berkebun secara langsung.
Baca juga, kumpulan 72 tempat wisata di Lembang yang bisa jadi alternatif jalan-jalan liburan sekolah kamu dan keluarga. Atau kalau pengen berkunjung ke sumatra, kami juga punya 150 alternatif tempat wisata di sana.

Related Post

Leave A Comment

ten + 16 =