Gado-gado

Ngobrol Bareng MPR RI Belajar Perangi Hoax, Ayo Saring Sebelum Sharing

Posted by Bams
Hiruk pikuk Pilpress 2019 kali ini menjadi momen dan pengalaman paling tidak mengenakkan bagi saya pribadi. Saya melihat ada banyak perselisihan, perpecahan dan konflik di antara teman dan saudara. Fanatisme akan golong terus ditonjolkan sehingga kedua kubu seakan mustahil disatukan.
 
Sehingga ketika perwakilan MPR RI menghubungi saya untuk membuat event yang sedikit banyak mendorong kembali rasa persatuan, saya langsung setuju. Yah, awalnya sih sempat ragu. Pasalnya, ajakan itu dekat sekali momennya dengan pilpres dan pileg, sehingga saya khawatir event ini ditunggai oleh kepentingan golongan tertentu. Tetapi syukurlah, ternyata dugaan saya dan rekan-rekan salah besar.
 
 
 
Menyempatkan bertemu sekali dengan perwakilan MPR RI, saya mewakili komunitas Blogger Jambi akhirnya sepakat memilih tanggal 1 Mei sebagai hari perhelatan event Ngobrol Bareng MRI RI dan Netizen Jambi. 
 
Pesertanya sangat antusias, 50 seat terisi dan hanya ada 1 peserta menyatakan mundur beberapa jam sebelum hari H. Tapi secara keseluruhan acara ini berjalan sangat lancar.
 
Kesimpulan yang saya dapatkan dari event ini, bahwa ayo mencegah hoax yang berpotensi menimbulkan perpecahan dari diri sendiri dahulu. Mulai saring sebelum sharing, mulai bijak sebelum berteriak dan mari dinginkan kepala sebelum membuat praduga. Hoax adalah musuh bersama, bukan musuh gologan 01 atau 02, bukan pula soal cebong dan kampret, tapi soal keutuhan NKRI. Rasanya kita semua sepakat, RI sudah merdeka dan RI tidak bisa diganggu gugat. Jika kita terpecah, orang lain di luar sana yang punya kepentingan akan tertawa dan menunggu momentum yang tepat untuk menyerang ke dalam. Waspadalah!
 
 
Terima kasih kepada teman-teman MPR RI, kepada nara sumber, kepada teman-teman blogger dan tentu netizen yang hadir di acara tersebut. Mari tularkan hal positif, dimulai dari hal-hal kecil.

Liputan nasional dapat juga dibaca di Liputan6, TribunNews, JPNN, Jurnas dan situs resmi MPRRI.

Related Post

Leave A Comment

13 + 6 =