Gado-gado

Penyakit Keturunan Pada Manusia yang Sulit Dicegah

Posted by Bams

Setiap orang pasti mendambakan dirinya dan keluarganya memiliki tubuh yang sehat. Sayangnya, terkadang keinginan tersebut tidak dapat terpenuhi karena adanya penyakit yang sulit untuk dicegah yang disebabkan oleh faktor genetik.
Penyakit keturunan pada manusia biasanya adalah penyakit yang diwariskan oleh orangtua ke keturunannya. Meskipun begitu, ada juga banyak kasus di mana penyakit muncul pada diri seseorang karena gaya hidupnya yang kurang sehat, dan akhirnya menurunkan penyakit tersebut ke keturunannya.

Beberapa penyakit keturunan pada manusia

Ada banyak penyakit keturunan pada manusia yang sulit untuk dicegah saat orang tua sudah menderita penyakit tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  • Thalasemia

Thalasemia adalah penyakit keturunan pada manusia yang ditunjukkan dengan adanya kelainan pada darah merah yang membuat darah mudah pecah. Kemungkinan penyakit ini diturunkan akan semakin besar jika kedua orangtua juga mengidap Thalasemia. Ciri-cirinya bisa dilihat dari kondisi fisik anak yang terlihat pucat. Penderita thalasemia juga memerlukan transfusi darah secara berkala.

  • Alergi

70 persen kasus alergi disebabkan karena garis keturunan, apalagi jika kedua orangtua sama-sama memiliki alergi. Tetapi resiko dapat menurun jika alergi hanya diidap oleh salah satu orang tua.

  • Asma

Menurut penelitian, ibu lebih memiliki kemungkinan untuk menularkan penyakit keturunan pada manusia yang satu ini. Asma dapat menyebabkan rasa sesak pada pernafasan dan bisa dipicu oleh benda di sekitar penderita. Pada beberapa kasus, penyakit asma akan menghilang saat penderita sudah beranjak dewasa.

  • Hemofilia

Hemofilia adalah penyakit yang menyebabkan darah sulit membeku. Karena proses pembekuan darah berasal dari kromosom X, penyakit hemofilia lebih banyak menyerang kaum laki-laki. Penyakit ini juga sudah dapat dilihat sejak anak masih kecil.

  • Kebotakan

Rambut yang mengalami kebotakan mungkin memang tidak memiliki ancaman serius pada kesehatan, tetapi tentu hal ini sangat mengganggu penampilan. Sayangnya, faktor genetik menjadi salah satu penyebab utama dari kebotakan. Bahkan, gejala kebotakan sudah dapat terlihat semenjak anak masih kecil.

Related Post

Leave A Comment

one + fifteen =