Gado-gado

Penyebab Kelainan Genetik Pada Manusia

Posted by Bams

Penyebab Kelainan Genetik Pada Manusia – Ada orang-orang yang telah sejak lahir menderita suatu penyakit. Ada juga orang-orang yang secara tiba-tiba terserang penyakit meskipun selalu menjaga gaya hidup sehat. Kemungkinan besar, orang-orang ini adalah mereka yang memiliki penyakit genetik atau keturunan.
Penyakit keturunan merupakan akibat dari adanya kelainan pada gen manusia. Penyebab kelainan genetik pada manusia ini sendiri kebanyakan karena adanya kelainan saat pembuahan sel sperma ke ovum terjadi.
Kelainan genetik sering terjadi ketika salah satu atau kedua orang tua memang telah mengidap penyakit yang dapat ditularkan secara genetik. Penyakit inilah yang kemudian menjadi penyebab kelainan genetik pada manusia. Contoh penyakit genetik adalah hemofilia, alergi, diabetes, dll.

Penyebab kelainan genetik pada manusia karena jumlah kromosom

genetik-pada-manusiaSelain karena adanya penyakit genetik, penyebab kelainan genetik pada manusia yang lainnya adalah jumlah kromosom di dalam diri manusia yang tidak normal. Normalnya, manusia memiliki 23 pasang atau 46 kromosom di dalam dirinya dengan struktur yang sudah ada.
Dari 23 pasang kromosom yang ada di dalam diri manusia, 22 pasang merupakan autosom, sedangkan yang satu pasang adalah kromosom seks yang terdiri dari kromosom X dan kromosom Y. Kromosom X dan Y inilah yang kemudian menentukan jenis kelamin manusia. Tetapi, dalam beberapa kasus, ada manusia yang jumlah kromosomnya lebih atau kurang dari 46. Jika demikian, maka hal itu dapat menjadi penyebab kelainan genetik pada manusia.
Tidak hanya jumlah kromosom, struktur yang berbeda pun dapat menimbulkan kelainan genetik. Jika kelainan ada pada bagian autosom, maka manusia tersebut memiliki resiko menderita down syndrome, sindroma Edwards, sindroma Patau, dan sindroma “cri du chat”.
Jika kelainan ada pada bagian kromosom seks atau gonosom, maka manusia tersebut beresiko mengalami sindroma klinefelter, sindroma supermale, sindroma turner, dan supermale. Kelainan pada gonosom juga merupakan penyebab dari kondisi langka di mana seseorang terlahir dengan kelamin ganda, yang saat ini tengah banyak disorot oleh media.

Reference: Wikipedia dan Wikipedia

Related Post

Leave A Comment

20 + 6 =