Gado-gado

Program Peningkatan Kesehatan Lansia diterapkan Dusun di Bantul

Posted by Bams

Meningkatnya usia harapan hidup penduduk merupakan salah satu bukti keberhasilan pembangunan di suatu negara. Karena itu menjadi wajar jika negara-negara di dunia terus berusaha agar rakyatnya mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Salah satu yang biasanya menjadi target utama negara dalam memberikan pelayanan kesehatan adalah para lansia.
Program peningkatan kesehatan lansia memang sangat diperlukan, mengingat kaum lansia lebih rentan terhadap penyakit, dan jumlahnya pun tidak sedikit. Menurut WHO, jumlah penduduk dengan usia di atas 60 tahun di negara-negara Asia Tenggara saja mencapai angka 142 juta orang. Bahkan, jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah hingga tiga kali lipat pada tahun 2050.

Program Peningkatan Kesehatan Lansia oleh NGO di Yogyakarta

Cita Sehat Foundation, sebuah NGO yang memiliki kegiatan untuk menangani lansia, menyadari perlu ditingkatkannya program peningkatan kesehatan lansia. Karena itulah, mereka kemudian membentuk apa yang disebut sebagai “Dusun Ramah Lansia”. Sebagai langkah awal, dipilih Dusun Karet yang terletak di Pleret, Bantul.
Dalam peluncurannya yang mengambil tema “ngaruhke simbah”, Cita Sehat Foundation mengadakan serangkaian kegiatan yaitu pengobatan gratis, pemberian makanan tambahan, kunjungan ke rumah-rumah, dan senam sehat.
Pihak Cita Sehat Foundation juga mengatakan bahwa nantinya akan diadakan kegiatan yang berkaitan dengan edukasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan secara berkala, posyandu bagi lansia, serta layanan ambulans yang dapat digunakan secara gratis. Mereka pun berharap bahwa berbagai program peningkatan kesehatan lansia yang mereka bawa ini nantinya juga bisa diterapkan di dusun-dusun lain.
Sementara itu, Dusun Diro yang terletak di Sewon, Bantul pun sudah mulai merencanakan pembentukan Dusun Ramah Lansia. Program peningkatan kesehatan lansia yang ada di Dusun Diro antara lain adalah pengecekan kesehatan dan pemberian vitamin atau obat-obatan yang diperlukan para lansia.
Tidak hanya itu, sesekali juga diadakan senam lansia. Dusun Diro juga memberikan bantuan dana sekali setahun bagi para lansia. Diakui dana yang dipakai berasal dari swadaya masyarakat serta anggaran desa. Ke depannya pun dusun ini masih ingin melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi kaum lansia di Dusun Diro.

Related Post

Leave A Comment

6 − three =