Traveling

15 Tempat Wisata di Jambi Paling Terkenal

tempat wisata di Jambi
Posted by Bams

Mayan sering sih ketemu orang entah di bandara atau sedang ke mana gitu, terus ditanya dari mana mas. Saya jawab dari Jambi, terus mereka pasang wajah asing gitu terus nanya, itu di mana ya? Beberapa lainnya ada juga yang merespon datar tanpa ekspresi, kayak orang yang gak tau tapi mau nanya malu.

Tapi Jambi itu sekarang semakin baiklah, mulai dikenal karena sebenarnya punya potensi wisata yang gak kalah bagus. Lumayan lah, hehehe…

Tempat wisata di Jambi cukup beragam, mulai dari menjelajah cagar alam, pantai berpasir putih hingga danau dengan pemandangannya yang mempesona, ada di Jambi.

Berikut ini 15 tempat destinasi wisata Jambi yang bisa disinggahi untuk cari pengalaman baru.

Candi Muaro Jambi

Bagi Kamu pecinta sejarah, destinasi menarik yang sarat dengan nilai historis yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Jambi adalah Candi Muaro Jambi. Dengan luas area kompleks candi kurang lebih sekitar 3.981 hektar membuatnya menjadi salah satu kompleks candi Hindu –Budha yang terluas di Asia Tenggara. Kompleks Candi  ini diperkirakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Sriwijaya.

tempat wisata di Jambi
Credit: http://deputi1.kemenpora.go.id/read/komplek-candi-muaro-jambi-terbesar-se-asia-tenggara

Berjarak sekitar 26 km dari pusat kota Jambi, destinasi ini bisa ditempuh dengan waktu tidak kurang dari 45 menit dengan perjalanan darat. Akses jalan yang cukup memadai membuat tempat wisata di Jambi ini mudah dijangkau. Tak heran jika banyak saat libur atau akhir pekan tempat ini selalu ramai dengan pengunjung.

Tempat wisata ini juga bisa menjadi alternatif berlibur bersama keluarga. Jika Kamu ingin berkeliling kompleks candi ini, Kamu bisa menggunakan sepeda yang disewakan di komplek  candi ini.

Candi ini berlokasi di  Desa muara jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore dengan harga tiket masuk 5 ribu rupiah.

Danau Kaco

danau kaco kerinci jambi - tempat wisata di jambi
Sumber: https://pesonaindonesia.kompas.com

Danau  Kaco berada di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi Saat Kamu mengunjungi danau yang satu ini, kondisi alam yang masih sangat alami akan langsung menyambut ramah kehadiran Kamu. Danau kaco ini terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci yang terkenal akan keasriannya.

Dengan warnanya yang berwarna biru dan dikelilingi oleh rindangnya pepohonan, danau ini akan tampak seperti mutiara biru di tengah rimbunnya pepohonan. Akses untuk menuju danau yang satu ini agak lumayan susah karena letak danau yang berada di tengah hutan membuat Kamu harus menempuh perjalanan selama 3-3,5 jam dengan berjalan kaki.

Kelelahan yang Kamu rasakan akan segera terbayar ketika sampai ke danau tersebut. Beberapa wisatawan bahkan menyebut danau ini sebagai akuarium raksasa karena airnya yang jernih

Pulau Penyu

Pulau Penyu - tempat wisata di jambi

Jika Kamu ingin menikmati keindahan alam di tempat yang tidak ramai dikunjungi orang, maka Pulau Penyu bisa menjadi solusinya.  Menikmati eksotisme pulau yang tidak berpenghuni, dengan hamparan pasir putihnya yang cantik serta melihat lebih dekat kehidupan penyu di habitat aslinya mungkin akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak akan Kamu lupakan.

Hal tersebut bisa Kamu dapatkan dengan menjelajahi tempat wisata di pesisir timur Jambi, yakni Pulau Penyu. Pulau ini disukai oleh para penyu untuk menyimpan telur-telurnya karena dirasa lebih aman sebab tidak dihuni oleh manusia. Tidak heran memang, karena akses menuju pulau cantik ini belum terakomodir dengan baik. Sehingga jarang ada orang turis yang datang.

Sehingga Kamu dapat menikmati pulau ini seperti milik pribadi.  Tidak hanya pantai berpasir putihnya, di pulau ini juga dihiasi bebatuan serta laguna dalam yang membuatnya makin memukau. Tempat ini sangat cocok bagi Kamu yang pecinta fotografi apalagi ingin menjadikannya sebagai pajangan di akun media sosial Kamu. Pulau ini berlokasi di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Bukit Ngarau Merangin

Jika Kamu ingin melihat pemandangan Jambi dari sudut yang berbeda maka jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke tempat wisata di Jambi yang satu ini. Bukit ini terletak di Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Bukit Ngarau akan menawarkan pesona lanskap Jambi dan kota-kota disekitarnya yang begitu memukau dari ketinggian kepada Kamu.

Bukit ngarau merangin jambi
Credit Dedy0294.

Ketika Kamu berada di puncak bukit, Kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sungguh mempesona sambil menikmati sejuknya hawa segar di pegunungan. Jangan lupa bawa kamera atau smartphone Kamu untuk mengabadikan momen tersebut, karena tempat ini punya spot yang instagramable buat jadi background foto kekinian untuk diunggah ke akun media sosial Kamu. Untuk tiket masuk ke Bukit Ngarau ini, gratis.

Danau Gunung Tujuh

Jika Gunung Semeru memiliki Danau Ranu Kumbolo yang tidak akan dilewatkan keindahannya oleh para pendaki, maka tujuh pegunungan di Jambi memiliki Danau Gunung Tujuh yang membendungnya.

Berada di puncak Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.005 mdpl membuat danau ini jadi salah satu danau kaldera tertinggi yang ada di Asia Tenggara. pemandangan alam yang disajikan benar-benar sangat indah.

Dengan kondisi alam yang masih alami, ini menawarkan tidak hanya panorama alam yang indah, tetapi juga udara yang segar dan atmosfer yang sejuk. Keberadaan sejumlah perahu kecil juga memungkinkan kamu untuk berkeliling danau.

Danau ini terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Hati-hati untuk masuk ke danau ini, karena danau  ini berada dikawasan hutan, sebaiknya untuk datang berkunjung ke danau ini pastikan bersama orang yang paham akan keadaan menuju danau tersebut.

Air Terjun Sigerincing

Destinasi wisata di Jambi yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai terkenal di Kabupaten Merangin. Nuansa alam yang asri dan alami menjadi alasan utamanya.

Selain kucuran air dari tebing dengan debit yang cukup besar, Kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang berasal dari pepohonan hijau berpadu dengan bebatuan besar di sepanjang aliran sungai. Selain segarnya udara, tempat  ini menawarkan segarnya air yang tidak boleh disia-siakan dengan bermain di dalamnya.

Sebelum tiba di lokasi air terjun dan menikmati segarnya air, wisatawan diharuskan melewati anak tangga yang terbuat dari beton, namun tangga ini sangat licin karena ditumbuhi banyak lumut, sehingga wisatawan disarankan berhati-hati saat melewati tangga ini.

Setiba di lokasi, wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan air terjun yang memiliki tinggi mencapai 70 meter Saking tingginya, percikan air akan terasa seperti air embun pagi hari dengan radius sampai 50 meter. Air terjun ini berlokasi di Tuo, Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi.  Tiket masuk ke lokasi ini gratis.

Air Terjun Kolam Jodoh

Masih di kawasan Merangin, destinasi wisata selanjutnya adalah Air Terjun Kolam Jodoh. Seperti namanya, air terjun ini diyakini oleh masyarakat setempat dapat mendatangkan jodoh bagi siapa saja yang mengunjunginya, maka tidak heran banyak muda-mudi yang sengaja mampir ke air terjun ini untuk membuktikan kebenaran dari cerita rakyat tersebut.

Lokasinya yang masih terletak di kawasan Geopark Merangin dan sangat dekat dari Teluk Wang Sakti ini menjadikan tempat ini juga ramai dikunjungi tidak hanya oleh muda-mudi yang ingin membuktikan cerita tentang kolam mini tetapi juga oleh para penghobi arung jeram usai mengarungi derasnya sungai.

Setibanya di air terjun ini, wisatawan akan disuguhkan penampakan batuan-batuan besar, pepohonan hijau yang nampak asri nan alami, serta suara gemericik air yang berjatuhan dari air terjun membuat pengalaman berlibur yang tak terlupakan.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari dengan fasilitas yang cukup memadai yaitu toilet, tempat parkir, musholla, jembatan penghubung Sungai Batang Merangin, gazebo, pedagang makanan dan minuman.

Danau Sipin

Jika sebelumnya ada danau di atas puncak gunung, tempat wisata di Jambi yang satu ini juga tidak kalah mempesona yaitu Danau Sipin. Letaknya yang berada di pusat kota Jambi menjadikannya sebagai destinasi favorit untuk menghabiskan waktu santai.

Credit: Baraoutdoor.com

Danau Sipin dikenal juga dengan nama Solok Sipin oleh warga setempat. Kata ‘solok’ dalam bahasa setempat dapat diartikan sebagai danau. Danau ini berada di Simpang Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura. Selain sebagai salah satu tempat wisata di Jambi, danau ini merupakan tempat budidaya ikan air tawar seperti ikan mujair dan nila.

Menikmati sunset sambil mengelilingi danau yang ditengahnya banyak keramba ikan milik para nelayan ini jadi hal mengasyikan yang bisa dilakukan di sini. Setelah puas berkeliling, Kamu pun bisa membeli ikan yang dijajakan di sekitar danau oleh pemilik keramba.

Jika ingin melihat aktifitas nelayan dari dekat, Kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau. Perahu tersebut bisa menampung 3 – 4 orang dengan biaya sewa hanya 5.000 Rupiah per orang. Jika Kamu merasa lapar setelah berkeliling Kamu bisa mampir ke deretan warung makan yang ada di sekitar danau. Ikan yang dimasak pun dijamin segar dan enak karena merupakan hasil tangkapan baru nelayan setempat.

Danau Belibis

Kecantikan Kerinci  menawarkan sejuta pesona alam yang mampu menyihir pandangan manusia. Selain Gunung Kerinci, terdapat pula danau cantik yang menyimpan cerita misteri di dalamnya. Masih satu kompleks dengan Danau Kaco karena termasuk kedalam taman Nasional Kerinci Seblat. Danau itu adalah Danau Belibis.

Sesuai dengan namanya, di sekitar danau ini terdapat populasi belibis  yang hidup di kawasan danau. Hal unik di danau ini adalah terdapat pulau di tengah-tengah danau yang berputar-putar mengelilingi danau yang konon katanya sering menyeret hanyut seseorang yang dikehendaki.

Berlokasi di Taman Nasional Kerinci Seblat, kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Jambi dengan tiket masuk 5.000 rupiah saja Kamu bisa menikmati keindahan danau ini.

Danau Lingkat

Wisata air lainnya yang tersedia di Jambi adalah Danau Lingkat. Berlokasi di Desa Lempur Mudik, Kecamatan Gunung raya, Kabupaten Kerinci, Jambi. Keberadaannya yang terletak di dataran tinggi mencapai 1.100 meter diatas permukaan laut, membuat hawa di sekitar danau terasa sangat sejuk.

Danau ini memiliki luas sekitar 12 hektar dengan air danau yang berwarna hijau pekat. Ditambah dengan deretan pegunungan dan perbukitan membuat keindahan di danau ini semakin tampak sempurna.

Namun, bagi para wisatawan mengunjungi danau ini, diharuskan untuk menjaga sopan santun, perilaku, tutur kata serta dilarang takabur atau sombong, dikarenakan Danau Lingkat dianggap keramat oleh warga setempat, serta banyak kejadian mistis yang pernah terjadi.

Air terjun Arai

Masih seputar wisata Air yang  ada di Jambi. Air terjun yang satu ini bukan merupakan air terjun baru, hanya saja keberadaanya yang tersembunyi di rimbunnya hutan dan belum terlalu terekspos ke masyarakat luas. Keadaan alamnya yang masih sangat asri dan alami jauh dari sentuhan manusia yang melakukan perusakan alam membuat air terjun ini terlihat begitu mengagumkan.

Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 20 meter dan memerlukan waktu kurang lebih 1 jam untuk melewati jalan untuk sampai di lokasi. Di sepanjang perjalanan nantinya Kamu akan ditemani dengan aliran sungai yang jernih dan menggoda untuk diteguk langsung. Segala kepenatan Kamu ketika menempuh perjalanan ke tempat ini akan terbayarkan saat disuguhkan dengan sepotong surga bumi dari air terjun ini.

Hesti’s Garden

Hesti’s Garden adalah tempat wisata yang dibangun pada tahun 2016 lalu oleh Hj. Hesnidar Haris atau yang akrab disapa Hesti. Ide untuk membuat taman ini mulanya dari sebuah keinginan untuk menciptakan tempat wisata baru di Jangkat selain air terjun, ataupun danau.

Kemudian jadilah Hesti’s Garden, taman bunga seperti sekarang. Pada saat wisatawan memasuki Hesti’s Garden, wisatawan akan langsung disuguhkan dengan beragam bunga cantik yang sangat memanjakan mata Kamu. Hesti’s Garden memiliki luas mencapai 1 hektar dan membudidayakan puluhan jenis bunga ditaman, mulai dari bunga lokal hingga luar negeri bisa Kamu temui disini.

Bunga yang terdapat di Hesti’s Garden ini diantaranya seperti jengger ayam, begonia, krokot, hanjuang, bunga matahari, salfia, dahlia, sanggul ungu, dan masih banyak lagi.

Jambi Paradise

Sesuai dengan namanya, arti dari kata Jambi Paradise adalah “Surganya Jambi”. Tempat wisata yang menjadi ikon dari semua wisata yang ada di Jambi. Jambi Paradise ini menawarkan wisata air yang berbeda dari tempat lain.

Di sini juga terdapat limpahan ikan yang dijamin akan membuat anak-anak senang ketika memberi makan para ikan. Jika Kamu ingin mengitari area Jambi Paradise ini, Kamu dapat memanfaatkan sepeda, perahu, dan speed boat yang disewakan di tempat ini.

 Pasar Keramik Sitimang

Jika Kamu pecinta dan gemar mengoleksi keramik, maka jangan lewatkan kawasan Pasar Sitimang di Jalan Sisingamangaraja. Pasar ini sudah terkenal sebagai pusat penjualan keramik di Jambi sejak tahun 1980an.

Di pasar ini, Kamu bisa menemukan keramik dalam berbagai bentuk seperti toples, guci, peralatan makan sampai dengan hiasan rumah. Keramik-keramik yang dijual di sini dikirim langsung dari Cina dan motifnya akan sulit Kamu temukan di tempat lain.

Jembatan pedestrian dan Menara Gentala Arasy

Tidak hanya menyajikan wisata alam yang mempesona,  Jambi juga punya ikon wisata kota yang tidak kalah menarik yang bahkan jadi destinasi wajib setiap warganya. Tempat wisata Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy atau yang kerap disebut Jembatan Gentala Arasy saja.

Credit: Traverse.id

Uniknya jembatan yang memiliki panjang kurang lebih 540 meter yang dibangun di atas Sungai Batang Hari ini terlihat begitu megah nan indah.  Keindahan tempat ini akan semakin memukau pada malam hari karena banyak lampu yang menyala di jembatan dan dipantulkan juga oleh sungai.

Itulah beberapa destinasi wisata di Jambi. Sebenarnya masih sangat banyak tempat wisata lainnya yang ada di Jambi. Tidak hanya menawarkan wisata alam tetapi juga tempat-tempat yang bersejarah. Terutama sejarah tentang Jambi dan Islam. Selamat berkunjung.

Related Post

Leave A Comment

one × 3 =