Traveling

10 Tempat Wisata di Pangandaran Paling Recommended, Ada yg Angker!

tempat wisata di pangadaran
Posted by Bams

Pangandaran menjadi daerah yang memiliki banyak sekali tempat wisata di mana letaknya tidak begitu jauh dari Bandung dan Jakarta. Tempat wisata di Pangandaran menjadi tujuan wisata banyak wisatawan lokal mau pun manca negara khususnya di kala musim liburan atau di akhir pekan.

Ada banyak pilihan tempat wisata di Pangandaran yang bisa dikunjungi di antaranya:

Pantai Pangandaran

Pantai pangadaran – Kompas.

Sesuai namanya pantai yang satu ini menjadi tempat wisata di Pangandaran yang paling banyak dikunjungi. Selain karena keindahannya, Pantai Pangandaran menjadi salah satu pantai yang memiliki pasir berwarna putih. Letaknya di Desa Pananjung dan berada di tengah Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis.

Tidak hanya menawarkan pemandangan pantai, ada dua festival tahunan rutin yang juga bisa disaksikan di tempat wisata ini. Festival tersebut adalah Hajat Laut, acara untuk mensyukuri nikmat yang diadakan oleh nelayan setempat di awal tahun dan Festival Layang-Layang yang biasa digelar di pertengahan tahun. Tiket masuk Pantai Pangandaran berkisar mulai dari Rp 3.500 sampai dengan Rp 172.000.

Curug Bojong

tempat wisata di pangadaran
Curug Bojong Pangadaran – Pergidulu

Tempat wisata di Pangandaran yang terkenal lainnya adalah Curug Bojong atau sebelumnya disebut dengan Curug Sawangan. Curug ini sebenarnya baru resmi dibuka sebagai tempat wisata di tahun 2013 atas permintaan warga setempat.

Letak curug ini berada di Desa Sukahurip. Para wisatawan bisa menikmati air jernih curug yang segar dengan bermandi dan berenang.

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh atau disebut juga dengan nama Green Canyon terletak di Desa Kertajaya, Ciamis. Tempat wisata di Pangandaran ini berjarak 31 kilometer dari Pantai Pangandaran. Para wisatan bisa menikmati pemandangan dengan menaiki sampan yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp 75.000 sampai Rp 100.000.

tempat wisata di pangadaran
Cukang Taneuh Pangadaran – Wikipedia

Disebut juga dengan Gren Canyon karena Curug Taneuh ini mirip dengan air terjung di Amerika dengan air yang jernih dan batu-batuan hitam di sekitarnya. Biasanya lebih banyak anak muda yang mendatangi karena tempat ini populer di sosial media.

Pantai Batu Karas

Bergerak sedikit dari Cukang Taneuh, para wisatawan bisa menemukan pantai bernama Batu Karas yang juga menjadi tempat wisata di Pangandaran yang populer.

Baca Juga:  Pine Forest Lembang, Tempat Wisata yang Harus Kamu Kunjungi Jika Datangke Bandung

Berbeda dengan Pantai Pangandaran, pantai yang satu ini memiliki ombak yang sangat tenang sehingga cocok sekali untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Atau sekadar bermain air. Harga tiket masuk Pantai Batu Karas adalah Rp 5.000 hingga Rp 172.000. Ada banyak penginapan dan tempat makan yang tersebar di sekitar pantai tersebut.

Pantai Batu Hiu

Tempat wisata di Pangandaran lainnya ialah Pantai Batu Hiu. Pantai ini sangat wajib dikunjungi karena memiliki keindahan yang unik. Bagi Anda pecinta pantai, jangan lupa mampir ke pantai yang terletak di Desa Ciliang tersebut.

Pantai Batu Hiu menyajikan pemandangan karang yang terjal disertai bukit-bukit kecil berumput. Mengapa pantai ini di beri nama Batu Hiu? Karena batu-batuan di sekitar pantai ini berbentuk sirip ikan hiu. Selain itu lorong-lorong menuju atas bukit juga berbentuk ikan hiu.

Yang membuat unik lainnya adalah keberadaan ubur-ubur yang tersebar di pasir pantai. Sehingga wisawatan harus berhati-hati bila menginjak pasir di Pantai Batu Hiu. Harga tiket masuk mulai dari Rp 7.500.

Pantai Karang Tirta

Dekat dengan Pantai Batu Hiu, ada tempat wisata di Pangandaran yang juga sama-sama merupakan pantai indah dan kental dengan wisata kearifan lokal juga termasuk pada 10 tempat wisata di Pangandaran yang harus dikunjungi. Nama tempat tersebut adalah Pantai Karang Tirta, terletak di Desa Sukaresik.

Di sekitar pantai tersebut juga ada hutan dan sawah yang biasanya dijadikan tempat out bond. Selain itu wisatawan bisa mencoba membuat makanan tradisional setempat yaitu opak dan mencoba membuat wayang sendiri.

Wisatawan juga dapat mencoba aneka masakan khas daerah yang dibuat oleh warga setempat. Harga masuk Pantai Karang Tirta dibandrol mulai Rp 3.000.

Karang Nini

Bagi Anda yang familiar dengan sebutan tempat ini pasti sudah bisa menduga rupa dari tempat wisata ini. Yap, tempat wisata di Pangandaran yang bernama Karang Nini ini memang memiliki cerita rakyat di balik namanya. Karang Nini atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Karang Nenek adalah karang yang berbentuk seperti seorang nenek.

Konon karang tersebut terbentuk karena sang nenek sedang menunggu suaminya pulang. Tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Emplak dengan menghadirkan pemandangan hutan sebelum benar-benar menemui karang utama. Selain terdapat banyak penginapan, Karang Nini juga bisa menjadi tempat untuk camping. Hewan-hewan penghuni tempat ini di antaranya Tupai, Kera, dan Musang.

Baca Juga:  Sejarah dan Cerita-cerita Seputar Candi Brorobudur

Pantai Madasari

Pangandaran memang terkenal dengan wisata pantainya dan satu di antaranya adalah Pantai Madasari di mana menjadi tempat wisata di Pangandaraan yang populer. Untuk sampai ke Pantai Madasari, Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh dan menghabiskan waktu sekitar dua jam dari Pantai Pangandaran.

Tenang, walau terkesan jauh, pantai ini menyajikan pemandangan yang sangat indah dengan ikon karang besar yang terletak di tengah pantai. Pantai Madasari juga memiliki air laut yang jernih meski pasir pantainya termasuk pasir berwarna cokelat.

Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Pananjung menjadi satu-satunya wisata hutan yang termasuk dalam 10 tempat wisata di Pangandaran. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Pangandaran yang satu ini menghadirkan hutan dengan berbagai tumbuhan dan hewan.

Tumbuhan atau flora yang terdapat dalam Cagar Alam Pananjung di antaranya pepohonan Borrington yang berupa pohon ketapang. Ada juga pepohonan Laban serta pepohononan Merong. Sementara untuk hewan atau fauna yang terdapat dalam Cagar Alam Pananjung di antaranya Monyet, Lutung, Kelelawar, Rusa, Biawak, Ular, dan lain-lain.

Tidak hanya pemandangan aneka tumbuhan dan hewan, wisatawan juga bisa menemui beberapa peninggalan jaman sejarah berupa Batu Kolde yang merupakan batu peninggalan jaman Hindu dan gua-gua peninggalan penjajahan Jepang. Tentu Cagar Alam Pananjung juga sangat cocok dijadikan tempat wisata edukasi.

Pangandaran Water Park

Tempat wisata di Pangandaran yang satu ini menjadi tempat populer dan selalu penuh di kala libur. Pangandaran Water Park adalah kolam renang dengan ukuran besar dan luas dengan menghadirkan beberapa permainan di dalamnya.

Selain kolam renang yang langsung bersebelahan dengan Pantai Lembah Puri, tempat wisata ini juga memberi wahana menantang lainnya seperti ATV. Walau berada bersampingan dengan pantai, Pangandaran Water Park menyediakan air tawar sebagai air kolam renang mereka.

Tempat ini resmi dibuka sejak tahun 2009 dan dibandrol dengan harga tiket mulai dari Rp 15.000. Harga yang terjangkau.

Sayangnya, tempat ini sekarang sudah ditutup. Ini penampakan terbarunya…

Itu lah 10 tempat wisata di Pangandaran yang populer dan dapat dikunjungi untuk menghabiskan waktu libur Anda.

Related Post

Leave A Comment