Gado-gado

Teori Kecerdasan Emosional Menurut Daniel Goleman

Posted by Bams

Teori kecerdasan emosional menurut daniel goleman – Sebelum kita membahas tentang sebuah teori kecerdasan emosional menurut Daniel Golemen kita bahas mengenai teori kecerdasan emosional secara umum terlebih dahulu, hal itu dimaksudkan supaya pembahasan dalam artikel ini dapat dipahami dengan runut dan mudah.
Kata emosi merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa latin yakni movire yang memiliki arti menggerakan atau bergerak. Hal itu dapat dimaknai sebagai isyarat bahwa kecenderungan dalam bertindak adalah hal mutlak dalam emosi. Jadi, segala sesuatu yang terjadi pada seseorang ketika bertindak atau berlaku merupakan bagian dari emosional yang ada dalam dirinya.

Teori Kecerdasan Emosional Menurut Daniel Goleman
Teori Kecerdasan Emosional Menurut Daniel Goleman

Inilah teori kecerdasan emosional menurut Daniel Golemen

Daniel Golemen dalam bukunya yang berjudul “kecerdasan emosional, semua emosi, (2002:7)” dia mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional pada dasarnya merupakan sebuah dorongan untuk bertindak dalam merencanakan sekejap dalam mengatasi permasalahan yang telah berangsur-angsur dan emosi juga merupakan suatu perasaan bagian dari pikiran-pikiran yang memiliki cirikhas, yakni suatu kondisi biologis, dan psikologis serta merupakan serangkaian kecenderungan dalam bertindak.
Sementara itu, emosi sendiri dapat digolongkan terhadap rasa amarah, rasa takut, sedih, gelisah, nikmat, jengkel, cinta, terkejut dan juga rasa malu yang tinggi. Emosi dalam kesenangan sangat berperan penting dalam mengatur suasana hati  dan menjaga supaya terbebas dari rasa stres, memiliki sikap empati, tidak memiliki keinginan untuk melumpuhkan dalam berpikir dan untuk menguatkan adalah berdoa.
Dari pemaparan yang disampaikan oleh Daniel Golemen dalam bukunya dapat ditarik kesimpulan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan dari seseorang yang telah ditonjolkan untuk memahami, mengatur dan mengendalikan suasana hati supaya tidak merasa lumpuh dalam berpikir, supaya dapat berpikir dengan jernih secara rasional, namun seseorang tersebut tetap dapat menampilkan suatu kecakapan, baik kecakapan yang bersifat pribadi maupun kecakapan yang bersifat di luar pribadi.
Sedangkan teori emosional jika ditinjau dari aspek peserta didik, menurut pendapat seorang ahli Winkel, dalam bukunya  2004:207) dia mengatakan bahwa seorang siswa yang merasa memiliki kecerdasan emosionalnya baik, hal yang akan ditunjukan oleh siswa tersebut adalah dia merasa senang, memiliki gairah, semangat belajar yang tinggi  dalam belajar untuk mencapai apa yang diinginkan, selain motivasi belajar. Dengan begitu, maka perasaan siswa akan menjadi suatu sumber energi dalam belajar.

Unsur Teori Kecerdasan Emosional menurut Daniel Golemen

Menurut Daniel Golemen terdapat dua macam kerangka kerja kecakapan kecerdasan emosi yang meliputi kecakapan pribadi dan kecakapan terhadap sosial. Tentu dari kedua kecakapan itu terbagi menjadi lima ciri di antaranya adalah:
Ciri-ciri seseorang yang memiliki kecerdasan emosional menurut Daniel Golemen:

  • Kesadaran diri.
  • Pengaturan diri.
  • Motivasi diri.
  • Rasa empati terhadap diri sendiri.

Kecerdasan emosional pribadi menurut Daniel Golemen:

  • Keterampilan sosial.
  • Keberanian diri.
  • Kemampuan mengatur dalam berpikir.

Demikianlah pembahasan tentang teori kecerdasan emosional menurut Daniel Golemen. Semoga bermanfaat.

Related Post

Leave A Comment

nineteen + 18 =