Gado-gado

Terapi Pengobatan Stem Cell untuk Gagal Ginjal

Posted by Bams

Terapi Pengobatan Stem Cell untuk Gagal Ginjal – Akhir-akhir ini, terapi stem cell atau terapi punca semakin banyak terdengar di Indonesia. Sebenarnya terapi ini sudah cukup lama digunakan di Singapura sebagai pengobatan untuk penyakit gagal ginjal.
Stem cell sendiri sebenarnya adalah sel induk yang ada di tubuh manusia yang memiliki kemampuan untuk memperbaharui dan memulihkan. Sehingga pada pengobatan stem cell untuk gagal ginjal, fungsinya adalah untuk meregenerasi sel ginjal yang rusak, menghambat proses kerusakan, dan memulihkan fungsi dari ginjal.

Baca juga: Dr Purwati Stem Cell Surabaya Tokoh Di Balik SOP Stem Cell

Ada banyak jenis gagal ginjal yang dapat diobati dengan menggunakan terapi stem cell, seperti glomerulonefritis kronis, kerusakan ginjal karena metabolisme yang tidak normal, nefropati pada pembuluh darah, penyakit ginjal turunan, infeksi ginjal, dan penyakit ginjal yang disebabkan oleh faktor lainnya. Pengobatan stem cell untuk gagal ginjal juga dapat mengobati pasien stadium I sampai IV.

Jenis pengobatan stem cell untuk gagal ginjal

Terapi stem cell terbagi dalam beberapa jenis yang dikategorikan menurut sumber stem cell yang dipakai yaitu:

  • Stem Cell Autologus yang menggunakan stem cell dari dalam diri pasien itu sendiri.
  • Stem Cell Syngenic yang menggunakan stem cell dari saudara kembar identik.
  • Stem Cell Alogenik yang menggunakan stem cell dari saudara kandung, orang tua, atau bahkan orang lain yang tidak memiliki hubungan darah.

Dalam proses pengobatan stem cell untuk gagal ginjal, stem cell bisa diambil dari beberapa jaringan tubuh meliputi darah tepi, jaringan lemak, sumsum tulang, dan sel yang ada pada masing-masing organ tubuh manusia.
Dengan menggunakan pengobatan stem cell untuk gagal ginjal, nantinya pasien tidak perlu lagi melakukan cuci darah, karena terapi ini dapat memperbaiki ginjal dan memperbarui jaringan yang sudah rusak.
Selain untuk penyakit gagal ginjal, tentunya stem cell juga dapat digunakan untuk penyakit-penyakit lain yang menyerang manusia dan cenderung sulit disembuhkan. Penyakit lain yang dapat dirawat dengan terapi stem cell adalah kanker darah atau leukimia, anemia, cerebral palsy, dan penyakit thalasemia. Yang membuat terapi ini mendapat banyak perhatian selain karena hasilnya adalah juga karena hingga saat ini belum ditemukan efek samping yang negatif.

Baca juga: Biaya Stem Cell di RSUD Dr Soetomo Paling Murah Sedunia

Related Post

Leave A Comment

three + 2 =