Tekno

TV Pintar OnePlus Didukung Oleh Teknologi HDR, Alexa dan Google Assistant

Posted by Bams

Walaupun sudah tak lagi dipasarkan di Indonesia, hingga kini brand OnePlus tetap menjadi pilihan favorit banyak orang ketika mereka membutuhkan smartphone kelas premium di harga kompetitif. Namun seperti yang Anda tahu, perusahaan asal Shenzhen itu lebih memprioritaskan untuk menggarap produk-produk praktis dengan pangsa pasar yang pasti ketimbang perangkat eksperimental.

Di bulan September tahun lalu, OnePlus sempat menyingkap niatan mereka memperlebar sayap ke ranah elektronik rumah tangga lewat penyediaan televisi pintar. Saat itu, perusahaan belum menjelaskan detailnya lebih jauh, selain dari penggunaan panel berjenis LED, resolusi UHD dan rencana penyingkapan di tahun depan. Dan sesuai agenda mereka, OnePlus akhirnya mengumumkan produk tersebut di penghujung bulan September ini.

Mengusung nama sederhana, OnePlus TV ialah televisi 55-inci berpanel QLED dan rancangan minimalis dengan ukuran bezel sangat tipis. Spesifikasi teknis OnePlus TV bisa Anda simak di situs resminya. Singkatnya, televisi ini memanfaatkan teknologi warna quantum dot dan ditopang fitur HDR Dolby Vision serta HDR10+. OnePlus juga mengklaim bahwa televisi mereka punya jangkauan warna yang terbaik dibanding produk sekelas buatan kompetitor.

Tak cuma aspek visual yang jadi perhatian sang produsen. OnePlus TV juga ditopang sistem audio 50-Watt yang terdiri dari setup delapan speaker demi menyuguhkan output suara surround via dukungan Dolby Atmos. Sistem audio tersebut juga punya penyajian unik. Speaker bar itu bisa turun ke bawah layar dan akan kembali ke atas saat tidak digunakan.

Perangkat beroperasi menggunakan platform Android TV, didukung Google Assistand dan Amazon Alexa, serta kompatibel dengan smartphone OnePlus. Lewat aplikasi OnePlus Connect, dan bisa memanfaatkan smartphone tersebut sebagai remote, serta buat mengakses setting ataupun fitur-fitur tertentu. Konektivitas fisik televisi diposisikan di bagian belakang, sengaja dilindungi oleh cover.

Ada dua varian televisi pintar yang perusahaan tawarkan, yaitu OnePlus TV Q1 dan OnePlus TV Q1 Pro, dan mereka baru tersedia di wilayah India saja mengingat brand ini menguasai potongan besar pasar smartphone premium di negara itu. OnePlus TV Q1 ialah model entry-level, dibanderol INR 70 ribu (hampir US$ 1.000). Sedangkan Q1 Pro adalah tipe dengan soundbar yang bisa naik turun, dijajakan seharga INR 100 ribu (kisaran US$ 1.400).

Sempat dibahas oleh CEO Pete Lau bulan lalu, agenda mereka selanjutnya adalah menjalin kemitraan agar OnePlus TV bisa dipasarkan juga di kawasan Amerika Utara, Eropa dan Tiongkok.
Via The Verge.

Related Post