Gado-gado

Jangan Panik, Ayo Hadang Virus Corona!

Posted by Bams

Penyebaran virus Corona atau CoV yang sangat masif sejujurnya cukup membuat saya khawatir. Sebagai ayah dari dua anak balita, tentu saya sadar betul bahwa mereka adalah sasaran empuk bagi Corona, karena anak-anak dan orang tua disebut jadi inang favorit bagi Corona untuk tumbuh dan berkembang.

Karena itulah artikel ini kemudian dibuat, saya berharap masyarakat kita terus waspada tanpa bertindak berlebihan karena panik, tidak pula mempercayai kabar-kabar hoax yang berseliweran di timeline Facebook.

Jadi, apa sih virus Corona itu?

Saya kutip dari situs resmi Kemenkes, dikatakan:

Coronavirus(CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Ada setidaknya dua jenis coronavirus yang diketahui menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome(SARS-CoV).

Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus corona bersifat  zoonosis yang artinya ia ditularkan antara hewan dan manusia.

Penelitian menyebutkan bahwa SARS-CoV ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS-CoV dari unta ke manusia. Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan namun belum terbukti menginfeksi manusia.

Gejala Umum Infeksi Virus Corona

Manifestasi klinis biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelah paparan. Tanda dan gejala umum infeksi coronavirus antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Sangat mirip dengan gejala umum Influenza/Flu. Pada kasus yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Penularan Virus Corona

Virus Corona menyerang paru-paru atau saluran pernafasan, sehingga cara penularan yang paling umum adalah melalui udara, misalnya pasien penderita batuk atau bersin sehingga melepaskan droplet atau percikan dahak ke udara. Udara yang membawa virus ini akan terhirup oleh orang lain dan akhirnya menyebabkan orang tersebut jatuh sakit.

Selain melalui udara, virus Corona juga bisa menyebar lewat sentuhan langsung ke penderita. Baik sentuhan tahan atau anggota tubuh lainnya. Bahkan, perantara berupa benda yang dipegang oleh penderita tidak tertutup kemungkinan juga dapat menghantarkan virus. Namun menurut berbagai sumber, virus tidak dapat bertahan lama di luar tubuh dan suhu yang panas, sehingga kemungkinan ini masih dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Cara Mencegah Penularan Corona

pencegahan virus corona

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terpapar virus Corona.

  • Pakailah masker saat bepergian ke luar rumah
  • Cuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air mengalir, minimal selama 20 detik
  • Hindari memegang hidung dan kelopak mata saat sedang berada di keramaian.
  • Hindari orang yang batuk dan bersin-bersin karena sebab yang tidak Kamu ketahui. Itu pentingnya memakai masker, sehingga Kamu tidak harus merasa tidak enak karena menjauhi seseorang.
  • Hindari memegang pegangan pintu, pegangan tangga dan benda-benda lain di fasilitas umum.
  • Selalu sedia pembunuh kuman instan yang bisa Kamu dapatkan di indopapa atau alfaapril.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup, jangan stres juga.
  • Hindari area pandemik
  • Jangan sentuh orang yang menunjukkan gejala terjangkit Corona, tetap waspada tanpa bersikap berlebihan.
  • Jaga kebersihan lingkungan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kamu Menunjukkan Gejala Terjangkit Corona?

Hanya ada satu jalan, periksakan diri segera agar Kamu tidak menulari orang lain di sekitar kamu.

Sejauh ini sih Indonesia masih bebas dari paparan virus Corona, tapi waspada tentu tak ada salahnya. Semoga informasi singkat ini bisa jadi bekal bagi kamu untuk melawan Corona dari menginvasi tanah air kita, Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi nomor ini.

Related Post

2 thoughts on “Jangan Panik, Ayo Hadang Virus Corona!

  1. tari

    Selalu sedia pembunuh kuman instan yang bisa Kamu dapatkan di indopapa atau alfaapril.
    1. di mm dan nh juga ada, lebih murah.
    2. kuman sm dg bakteri, beda dg covid-19, mereka virus.

  2. Hoax dan Fakta Terkait Corona – djangki

    […] Jangan Panik, Ayo Hadang Virus Corona! […]

Leave A Comment

three × four =