Traveling

Wisata Goa Gajah, Pelepas Penat Badan Jadi Sehat

Posted by Bams

Goa Gajah merupakan objek wisata yang terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Jaraknya di kisaran 27 km dari Denpasar. Tempat ini layaknya seperti tempat sembahyang berdasarkan dari situs yang ditemukan pada Goa Gajah.
Menurut sejarah, ternyata tempat ini merupakan pusat kegiatan agama Hindu dan Buddha pada pemerintahan Dinasti Warnadewa dari abad abad X sampai XIV masehi. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Pura Goa.

Cara Mencapai Goa Gajah Bali

Wisatawan juga sangat mudah untuk mengakses tempat wisata ini, akan tetapi perlu diingat tempat ini bertepatan di tepi jurang dan pertemuan dari sungai kecil di Desa Bedulu. Apabila anda sudah berada di area parkir tempat wisata itu, anda bersiap-siap untuk menuruni anak tangga menuju Goa Gajah Bali. Tapi, jangan lupa untuk membayar goa gajah entrance fee sebesar Rp 15.000 terlebih dahulu.
Uniknya, anda akan disuguhi pepohonan yang rindang dan konon katanya menurut penuturan petugas objek wisata ini, umur dari pepohonan tersebut berkisar ratusan tahun. Jika anda sudah sampai di bawah, anda akan menemukan air mengalir dari pancuran arca dimana sekelilingnya masih banyak reruntuhan batu bangunan yang hancur akibat gempa. Apabila sudah sampai di tempat ini, maka perjalanan anda sudah semakin dekat memasuki Goa Gajah.
Objek Wisata Goa Gajah Bali
Sebagai penggambaran dasarnya, perlu diketahui bahwa pintu masuk melalui mulut goa hanya bisa diakses 1 orang, oleh karenanya untuk masuk kedalam haruslah bergantian ataupun berbaris memanjang. Tingginya mencapai 2 meter dan lebarnya pun juga sama yaitu 2 meter. Pada sisi kanan dan kiri lorong terdapat ceruk. Pada jaman dahulu kala ceruk tersebut berfungsi sebagai tempat bertapa atau meditasi. Akan tetapi ceruk tersebut saat ini sudah beralih fungsi. Anda bisa duduk-duduk bahkan berbaring santai.
Jika anda sudah di tempat tujuan, anda bisa melihat secara jelas bentuknya yang sangat artistik. Pada bagian depan terdapat Arca Hariti, Arca Ganesha, dan Arca Raksasa di area goa gajah temple. Patung Ratu Brayut atau Hariti (bahasa Avesta Harauhuti) konon dipercaya sebagai tokoh yang jahat, akan tetapi hal tersebut berubah menjadi baik dan penyayang setelah belajar agama Buddha. Anda akan melihat pada wilayah kolam pemandian atau pentirtaan, dimana pada wilayah tersebut terdapat Arca Widyadhara dan Arca Widyadhari.
Objek Wisata Goa Gajah Bali
Apabila anda melihat pada permukaan goa, permukaannya berhiaskan motif daun daunan, batu karang, raksasa, babi dan kera. Di bagian tengah relief tersebut ada relief mulut goa dengan ukuran lebar 1 meter dan tinggi 2 meter. Di mulut goa pengunjung disambut pahatan muka raksasa yang menyeramkan dengan mata bulat besar melirik ke arah kanan, rambut tampak kasar, alis yang tajam dan hidung besar, bibir atas dengan sederetan gigi tepat berada di atas lubang goa. Denah goa ini menyerupai huruf “T” karena lorong pada bagian dalamnya bercabang dua, yang satu ke arah Timur dan satunya lagi ke arah Barat.
Image credit to bali-indonesia.

Related Post

Leave A Comment

16 − four =