Jariyah

Yesus Dalam Islam Bukanlah Tuhan

yesus dalam islam
Posted by Bams

Jariyah” adalah segmen khusus yang saya dedikasikan untuk sahabat yang sedang mencari kebenaran islam. Semoga sahabat mendapatkan Hidayah dan kebenaran dalam islam. Selain itu, sobat muslim juga bisa memperoleh informasi bermanfaat di dalamnya, seperti doa-doa harian, dan kisah-kisah Rasul.

Memang sudah bukan sebuah rahasia lagi jika Yesus memiliki kaitan erat dengan agama islam, bahkan nama Yesus juga tertulis di dalam kitab suci Al-Quran.

Yesus dalam islam sendiri Yesus disebut sebagai Isa al-masih yang merupakan salah satu dari 25 Nabi dan Rasul yang juga termasuk ke dalam Rasul ulul azmi yang memiliki ketabahan serta rasa sabar dalam mendakwahkan ajaran Allah SWT.

Sedangkan dalam alkitab atau dalam ajaran Kristen Yesus memiliki pengertian yang berbeda. Bagi umat nasrani Yesus adalah Tuhan yang menanggung dosa umat.

Yesus Dalam Al-Quran

Memang ada perbedaan pengertian Yesus dalam Al-Quran dan Alkitab, perbedaan utama terletak pada persoalan ketuhanan Yesus. Di dalam Al-Quran sendiri Yesus disebut sebanyak dua puluh delapan kali.

Hal ini memang membuktikan bahwa Yesus sangat berkaitan erat dengan umat muslim dan disebut sebagai Isa Al-masih yang hanya diutus khusus untuk kaum Bani Israel yang bertugas memanggil orang  menyembah Allah SWT.

Di dalam Al-Quran juga dituliskan bahwa Nabi Isa masih hidup hingga detik ini dan akan turun ke bumi suatu saat nanti untuk membunuh Dajjal serta memberantas sekelompok manusia munkar atau perusak yang berjuluk  Ya’juj serta Ma’juj.

Di dalam Al-Quran juga disebutkan bahwa turunnya Nabi Isa atau yang disebut Yesus serta segala kondisi yang ada di akhir zaman merupakan salah satu pertanda besar hari kiamat semakin dekat.

Catatan Al-Quran Mengenai Yesus

Yesus dalam islam bukan hanya tercatat dalam Al-Quran saja,  yang kita ketahui menyebutkan banyak kIsah mengenai Nabi Isa atau Yesus namun ada beberapa hadis yang memiliki catatan penting.

Berikut beberapa catatan penting Al-Quran dan hadis mengenai Yesus, diantaranya:

  • Catatan penting pertama mengenai silsilah Nabi Isa atau Yesus. Dimana garis keturunan Nabi Isa adalah tersambung dari Ibrahim melalui anaknya Ishaq, yang juga merupakan silsilah dari Nabi Muhammad SAW berasal dari keturunan saudaranya Ismail
  • Kelahiran Yesus terjadi dengan mukjizat Allah SWT dan dianggap ajaib oleh masyarakat karena beliau lahir tanpa ayah biologis. Seorang wanita suci bernama Maryam yang selalu mendekatkan diri kepada Tuhan merupakan ibu dari Isa
  • Isa merupakan Nabi yang diutus oleh Allah SWT khusus untuk kaum Bani Israil
  • Yesus atau Nabi Isa merupakan salah satu Rasul yang termasuk ke dalam ulul azmi yang memiliki kedudukan istimewa atau tinggi yang sejajar dengan beberapa Nabi dan Rasul yang juga mulia yaitu Nabi Muhammad SAW, Ibrahim, Musa, serta Nuh.
  • Isa bukanlah Tuhan ataupun anak Tuhan yang banyak disebutkan, namun beliau adalah seorang manusia biasa yang memiliki keistimewaan dan diangkat sebagai Nabi sekaligus Rasul yang di utus pada masing – masing kaum untuk menegakkan agama Allah dan menyeru kan kebaikan
  • Karena sesuatu hal Allah SWT mengangkat Isa atau Yesus ke langit kedua
  • Catatan selanjutnya mengenai Yesus dalam islam adalah memiliki beberapa  mukjizat atas kekuasaan Allah SWT. Mulai dari mukjizat kelahirannya tanpa seorang ayah, kemudian beliau juga bisa berbicara saat berumur beberapa hari saja. Kala itu semua orang menyalahkan ibunya kemudian beliau berbicara dan membela ibunya dari tuduhan perzinahan. Selain itu catatan penting di dalam Al-Quran selanjutnya adalah mampu menghidupkan orang yang sudah mati, serta menyembuhkan lepra hingga kebutaan.
  • Nabi isa merupakan salah satu Nabi yang menerima wahyu besar dari Allah yang berupa kitab Injil (merujuk pada perjanjian baru umat Kristen), namun saat ini kitab Injil yang dimiliki umat Kristen sudah diubah versi aslinya. Banyak yang menyebutkan dalam islam saat ini versi injil paling akurat adalah injil Barnabas.
  • Yesus atau Nabi Isa tidak seperti yang telah dikatakan bahwa sudah wafat melainkan Yesus dalam islam masih hidup hingga kini dan suatu hari nanti beliau akan turun kembali ke bumi untuk membunuh Dajjal serta menghadapi kaum Ya’juj serta Ma’juj yang merupakan sekelompok manusia perusak dan hal ini disebut sebagai tanda – tanda besar akhir zaman atau hari kiamat
  • Yesus atau isa bukanlah menebus dosa seluruh umatnya. Dalam islam tidak ada dosa turun temurun dan menolak keras ajaran serta konsep tersebut dan meyakini bahwa setiap manusia memiliki tanggung jawab serta hanya akan diadili atas perbuatannya sendiri tanpa mencampuri  dosa orang lain
  • Islam menolak pernyataan yang menyebutkan bahawa Yesus dibunuh kemudian disalib. Dalam hal ini muncul beberapa pendapat dalam islam. Pendapat pertama menyatakan bahwa salah seorang murid isa yang berhianat oleh kuasa Allah SWT diserupakan dengan belia  bernama Yudas Oskariot yang disalib oleh tentara Roma dan bukan isa atau Yesus. Sedangkan dalam kisah yang dibawa oleh Ibnu Abbas, menyebutkan bahwa yang disalib adalah murid Nabi Isa yang masih muda dan setia, pendapat lain mengatakan Yesus yang disalip adalah seorang musuh yang diserupakan dengan isa

Beberapa Fakta Yesus Dari Faktual Sejarah

Jika Yesus dalam islam memiliki pandangannya sendiri, serta alkitab memiliki pandangannya sendiri dan meyakini kebenarannya masing – masing. Kini kita lihat pula beberapa fakta Yesus yang didapatkan dari referensi factual sejarah, berikut diantaranya:

  • Fakta yang pertama menyebutkan bahwa konsep Yesus akan dirinya sendiri yang sangat radikal. Di dalam ajaran Al-Quran mengajarkan bahwa Yesus tidak lebih dari sekedar manusia biasa yang dipilih menjadi Nabi dan Rasul yang mengajak orang untuk menyembah hanya kepada Allah SWT. Namun pengertian yang bertentangan muncul dari alkitab yang menjelaskan sifat keTuhanan Yesus. Dalam pengertiannya Yesus bukanlah seorang manusia biasa melainkan adalah Tuhan.
  • Fakta kedua menjelaskan mengenai penyiksaan serta penyaliban Yesus. Menurut kitab injil, Yesus atau isa menerima siksaan, penyaliban hingga kematian atas perintah mahkamah agama yahudi yang disebabkan karena berkata bahwa dirinya adalah Tuhan serta mengaku sebagai raja orang yahudi. Kemudian ada banyak kitab yang mengulang proses kematian serta penyaliban Yesus, misalnya pada surat – surat Rasul paulus, tulisan Josephus seorang sejarawan yahudi dan mar bar serapion seorang penulis dari Syria. Seorang sejarawan Romawi pun turun mencatat peristiwa penyiksaan, penyaliban, serta kematian Yesus yang bernama Tacitus
  • Kebangkitan Yesus yang sangat bertentangan dengan Al-Quran karena menurut Al-Quran Yesus atau Nabi isa belum mati dan akan turun kembali ke bumi hal ini sangat berbeda dengan kebangkitan.

Itu tadi penjelasan Yesus dalam islam yang juga dijelaskan secara gamblang di dalam kitab suci Al-Quran dan beberapa hadits mengenai Yesus atau Isa.

Yang salah satunya menerangkan bahwa Isa atau Yesus akan turun ke bumi untuk memusnahkan Dajjal sebagai tanda terbesar akhir zaman. Semoga informasi ini bermanfaat. Kurang  lebih mohon maaf. Terima kasih.

Related Post

Leave A Comment

3 × four =